Prabowo: Hasil Exit Poll Kita Menang 55,4 Persen dan Quick Count 52,2 Persen Capres 02 Prabowo Subianto di Rumah Kertanegara, Jakarta Selatan (MP/Ponco Sulaksono)

MerahPutih.com - Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto mengklaim unggul dari Jokowi-Ma'ruf dalam Pilpres 2019. Prabowo menyebut meraih suara 55,4 persen berdasar exit poll yang dilakukan internalnya, dan meraih 52,2 persen berdasar quick count.

"Hasil exit poll kita di 5.000 TPS menunjukkan kita menang 55,4% dan hasil quick count kita menang 52,2%," kata Prabowo di kediamannya, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Rabu (17/4).

Meski demikian, Prabowo meminta seluruh pendukung dan relawannya tetap tenang. Ketua Umum Partai Gerindra ini juga meminta seluruh pendukung untuk terus mengawal penghitungan suara di TPS.

Semua tenang untuk tetap mengawal kemenangan kita di semua TPS sampai kecamatan," tegas Prabowo.

Pasangan Prabowo-Sandi
Pasangan Nomor Urut Dua Prabowo-Sandiaga (Foto: Twitter @sandiuno)

Berdasarkan hasil quick count sejumlah lembaga survei, seperti LSI Denny JA, menempatkan pasangan Jokowi-Ma'ruf keluar sebagai pemenang Pilpres 2019.

Pada pukul 17.55 WIB, LSI telah menerima data suara yang masuk sebesar 93,05 persen. Dari perhitungan mereka, pasangan Jokowi-Ma'ruf mendapatkan 55,41 persen suara, sedangkan pasangan Prabowo-Sandiaga Uno mendapat 44,59 suara.

Sistem yang digunakan LSI memperbarui data setiap ada data baru yang masuk, dengan margin of error sebesar satu persen.

Hasil hitung cepat didapat berdasarkan hasil aktual perhitungan suara Tempat Pemungutan Suara (TPS). Tidak ada informasi lain yang disajikan dalam hitung cepat selain hasil Pemilu itu sendiri.

Sementara itu, Charta Politika menyebut pasangan calon presiden-wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin akan menjadi pemenang Pilpres 2019 berdasarkan hasil hitung cepat.

Manajer Riset Charta Politika Ahmad Baihaqi mengatakan, Jokowi-Ma'ruf meraih suara 54,19 persen sementara Prabowo-Sandiaga Uno mendapat 45,81 persen dari suara yang masuk mencapai 87 persen pada pukul 17.45 WIB.

"Data yang masuk 87 persen tidak akan berpengaruh lagi, karena data yang masuk sudah stabil dan konsisten. Kami berani menyimpulkan pasangan 01 menang untuk Pilpres," ujar Baihaqi, di Hotel Grandhika Iskandarsyah, Jakarta.(Pon)

Kredit : ponco


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH