Prabowo, Ganjar dan Anies Dominasi Elektabilitas Survei Pilpres

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Kamis, 24 Februari 2022
Prabowo, Ganjar dan Anies Dominasi Elektabilitas Survei Pilpres
Menhan Prabowo Subianto. (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Ada tiga tokoh yang memiliki elektabilitas cukup tinggi Gubernur dibandingkan tokoh politik lainnya berlatang belakang ketum partai, menteri, gubernur serta anggota atau pimpinan DPR.

Survei Litbang Kompas yang dirilis melaporkan, tiga orang yang memiliki elektablitas di atas 10 persen diantaranya, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Baca Juga:

Elite PDIP Sebut Hasil Survei Jadi Motivasi Cetak Hattrick di Pileg 2024

Elektabilitas itu didapatkan setelah para responden diberikan pertanyaan 'jika pemilu diselenggarakan pada saat survei dilakukan, siapa yang akan dipilih.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar mendapat suara 20,5 persen menyaingi Menhan Prabowo Subianto dengan 26,5 persen yang menduduki posisi teratas. Sementara Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di peringkat ketiga dengan perolehan 14,2 persen.

Tercatat, elektabilitas Ganjar juga merangkak naik, mulai dari 7,3 persen pada April 2021, 13,9 persen pada Oktober 2021, dan 20,5 persen pada Januari 2022.

"Tingginya elektabilitas tiga tokoh tersebut menciptakan jarak yang cukup jauh dengan nama-nama lainnya yang turut masuk bursa pilpres," tulis Litbang Kompas.

Selain tiga nama tersebut, tokoh tokoh yang diprediksi meraikan bursa di antaranya Ketua DPR RI, Puan Maharani. Tapi Puan, harus puas di urutan terakhir dari 13 tokoh yang dipilih masyarakat dengan suara 0,6 persen. Jauh jika dibandingkan Menkopolhukam RI, Mahfud MD dengan 1,1 persen.

Lalu nama-nama lain juga dipilih masyarakat seperti Menteri BUMN Erick Thohir, Mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo, Panglima TNI Andika Perkasa, Mensos RI Tri Rismaharini, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: Antara)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: Antara)

Kemudian, Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, dan Menparekraf RI Sandiaga Uno.

Sementara itu, ada 4,1 persen responden yang menjawab tokoh lainnya dan 11,8 persen responden menjawab tidak ada, tidak tahu, atau rahasia.

Survei ini, dilakukan melalui wawancara tatap muka terhadap 1.200 responden pada 17-30 Januari 2022 silam. Para responden dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 34 provinsi. Tingkat kepercayaan 95 persen, margin of error penelitian plus minus 2,8 persen. (Knu)

Baca Juga:

PKB Senang Cak Imin Jadi Pilihan Warga NU Untuk Capres Versi Survei ARCI

#Ganjar Pranowo #Prabowo #Anies Baswedan
Bagikan
Bagikan