Prabowo, Fadli Zon Hingga Fahri Hamzah Nekat Ajukan Diri jadi Penjamin Ahmad Dhani Capres 02 Prabowo Subianto (Foto: antaranews)

Merahputih.com - Tim pengacara Ahmad Dhani mengajukan permohonan penangguhan penahanan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Tak tanggung-tanggung, penjaminnya adalah Capres Prabowo Subianto.

Selain Prabowo, beberapa tokoh politik juga mengajukan diri jadi penjamin agar Dhani tidak ditahan. Beberapa diantarnya adalah Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon dan Fahri Hamzah.

Pengacara Dhani, Hendarsam Marantoko mengatakan pihaknya juga telah menyurati Mahkamah Agung terkait permohonan ini.

"Jadi sesuai dengan prosedur yang ada, hari ini kami masukan melalui Pengadilan Negeri Jakarta Selatan karena segala surat menyurat terkait perkara Kasasi di Mahkamah Agung ini melalui Pengadilan Negeri Jakarta Selatan," ujar Hendarsam dalam keterangannya, Senin (15/4)

"Tapi kami juga akan menyurati Mahkamah Agung berikut dengan lampiran tanda terimanya bahwa kami sudah mengajukan permohonan Pak Prabowo sudah mengajukan surat permohonan penangguhan penahanan," sambung dia.

Ahmad Dhani (kiri) bersama aktivis Ratna Sarumpaet di Gedung KPK, Jakarta beberapa waktu lalu. (MP/Yohanes Abimanyu)

Hendarsam mengatakan, Prabowo inisiatif sendiri menjadi penjamin ketika berbincang dengan kliennya. Dalam perkara ini, Prabowo merasa Dhani adalah korban.

"Dalam kasus politik Ahmad Dhani adalah seorang pahlawan bagi sebagian rakyat seperti itu, sehingga Pak Prabowo apa namanya itu mengajukan diri untuk meminta menjaminkan dirinya melakukan penangguhan penahanan," kata Hendarsam.

Pertimbangan kembali mengajukan permohonan penangguhan penahanan tak lain karena Dhani adalah tulang punggung keluarga dan tak mungkin melarikan diri.

"Jadi karena tidak ada keadaan yang signifikan, kecuali ada indikasi ingin melarikan diri, ada indikasi untuk mengulangi perbuatan, nah itu bisa masuk dalam pertimbangan hukum. Sehingga dikhawatirkan melarikan diri, mengulangi perbuatannya kan, menghilangkan barang bukti, sehingga dilakukan penahanan," beber Hendrasam. (Knu)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH