Prabowo Dilarang Salat Jumat, TKN Sebut Langkah Takmir Masjid Sudah Tepat

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Kamis, 14 Februari 2019
Prabowo Dilarang Salat Jumat, TKN Sebut Langkah Takmir Masjid Sudah Tepat
Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menyapa masyarakat Blora, Jawa Tengah (Tim media Prabowo-Sandi)

Merahputih.com - Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Abdul Kadir Karding menilai langkah takmir Masjid Agung Semarang melarang capres nomor 02 Prabowo Subianto salat Jumat di masjidnya sudah tepat.

Langkah itu, menurutnya untuk mengantisipasi penggunaan sarana ibadah seperti masjid menjadi arena kampanye Pemilu 2019.

"Masjid itu memang bukan tempat yang dibolehkan untuk berkampanye. Oleh karena itu sikap dan langkah takmir masjid itu sudah benar," kata Karding kepada wartawan, Kamis (14/2).

Dia menjelaskan, sebetulnya tidak ada larangan bagi paslon untuk mengikuti ibadah salat berjamaah di masjid. Tetapi, yang tidak dibolehkan adalah menyebar brosur atau famplet untuk mampengaruhi massa agar meramaikan tempat ibadah yang dikunjungi paslon.

"Kita jangan mengganggu ketenangan, kekhusukan orang beribadah dengan kegiatan-kegiatan yang berbau atau dikelola secara politik atau berbau politis," imbaunya.

Dalam konteks penyebaran famplet atau brosur ajakan umat untuk meramaikan salat Jumat bersama Prabowo, dia masih mempertanyakan motifnya. Tetapi jika benar ada upaya seperti itu, maka dipastikan hal itu adalah pencitraan.

Capres nomor urut 02, Prabowo Subianto. Foto: Facebook/Partai Gerindra

"Ada upaya mengumumkan bahwa ada salat Jumat Prabowo di Masjid Agung Semarang itu bisa dipastikan salah satunya bahwa untuk menujukan Prabowo sekarang salat Jumat gitu. Salat Jumatnya dipenuhi banyak orang. Prabowo bisa salat. Gitu lah kira-kira," ucap Politisi PKB ini.

Seperti dikabarkan sebelumnya, Takmir Masjid Agung Semarang menolak kedatangan capres nomor 02 Prabowo Subianto di masjidnya untuk menunaikan salat Jumat berjamaah Jumat (15/2) besok.

Ketua Takmir Masjid Agung Hanief Ismail mengatakan, penolakan itu karena tidak ingin masjid yang diketuainya menjadi arena kampanye berbau politik.

Sebab sebelum itu, Hanief menuturkan telah menemukan selebaran atau famplet ajakan salat berjamaah bersama Prabowo Subianto di masjidnya. (Fdi)

#Prabowo Subianto
Bagikan
Ditulis Oleh

Fadhli

Berkibarlah bendera negerku, tunjukanlah pada dunia.
Bagikan