Prabowo Deklarasi Kemenangan, Mahfud MD: Boleh dan Tidak Melanggar Hukum Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD. Foto: MP/Ismail

MerahPutih.com - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD mengatakan, sah-sah saja seseorang mendeklarasikan diri sebagai presiden berdasarkan hasil hitungan sendiri. Namun, deklarasi itu tak dilakukan dengan cara sumpah kepresidenan.

"Kalau mendeklarasikan diri sebagai Presiden terpilih berdasar hasil hitungan sendiri boleh saja, itu tak melanggar hukum. Asalkan tidak melakukan aktivitas Kepresidenan (melakukan pemerintahan) sebelum dinyatakan menang secara sah oleh KPU dan bersumpah secara resmi di depan Sidang MPR," tulis Mahfud dalam akun Twitternya, Sabtu (20/4).

Mahfud juga setuju jika Pemilu Serentak dievaluasi.

Mahfud
Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud Md. Foto: ANTARA

"Setuju. Itu dulu kan keputusan MPR saat mebuat amandemen bahwa pemilu dilakukan serentak dengan 5 kotak. Berdasar dokumen dan kesaksian eks anggota-anggota PAH MPR itu MK mengabulkan," jelas dia.

Menurut dia, yang dimaksud 'serentak', tak harus pada hari yang sama.

"Sebenarnya istilah Serentak bisa ditafsir tak harus harinya sama, bisa saja dipisah. Kita bisa bahas lagi, termasuk threshold," pungkas Mahfud. (Knu)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH