Prabowo Deklarasi, Golkar Langsung Susun Kekuatan Politik Ketua DPR Bambang Soesatyo menjawab pertanyaan saat wawancara khusus dengan LKBN ANTARA. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A0

MerahPutih.com - Wakil Koordinator Bidang Pratama DPP Partai Golkar, Bambang Soesatyo mengatakan partainya langsung menyusun kekuatan dan pemetaan politik setelah Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto siap menjadi calon presiden pada Pemilihan Presiden 2019.

"Golkar sebagai salah satu partai pendukung Jokowi sudah bisa melakukan pemetaan dalam rangka menyusun strategi bagaimana memenangkan Jokowi untuk dua periode berikutnya," kata Bambang di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (12/4).

Dia menjelaskan, salah satu strategi yang sudah dijalankan Golkar adalah membentuk simpul-simpul relawan yang harus tersebar di berbagai daerah misalnya Relawan Golkar-Jokowi (Gojo).

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Selain itu, menurut dia, Golkar semakin intens berkonsolidasi dengan parpol-parpol pendukung Jokowi lainnya, tidak hanya di tingkat pengurus partai saja tetapi juga para kader yang ada di DPR terus berkonsolidasi.

"Terkait koalisi untuk mendukung Jokowi semakin solid hubungan antarparpol yang sudah dijalin sejak beberapa waktu lalu. Misalnya PDI Perjuangan berkunjung ke DPP Partai Golkar, saling mengunjungi untuk koordinasi," ujarnya seperti dilansir dari Antara.

Selain itu, Bambang mengatakan, Golkar mengapresiasi dan menghormati keputusan Prabowo yang menerima mandat dari Partai Gerindra untuk menjadi capres di Pilpres 2019.

Dia berharap pascadeklarasi Prabowo tersebut, peta politik Indonesia dalam dua tahun kedepan menunju pemilihan presiden semakin jelas dan tidak ada lagi namanya kekisruhan politik.

Sebelumnya, Prabowo menyatakan kesiapannya sebagai calon presiden pada kontestasi Pilpres 2019.

"Dalam pidatonya, Prabowo menyatakan menerima mandat sebagai calon presiden dan meminta untuk segera membangun koalisi Pilpres," kata Sekjen Gerindra, Ahmad Muzani.

Kesiapan Prabowo itu, kata dia, atas permintaan para kader Gerindra yang menginginkan Prabowo maju sebagai capres di Pemilu 2019.

Menurut dia, setelah melalui proses yang panjang dengan menyerap aspirasi dari berbagai daerah, jutaan kader Gerindra membuka mata dan telinga selama satu tahun terakhir tentang kepemimpinan nasional.

Muzani mengatakan dalam Rakornas tersebut, sebanyak 34 DPD dan 529 DPC Partai Gerindra dan ribuan anggota DPRD dari partai tersebur secara bergantian menyampaikan aspirasi konstituennya yang menginginkan agar Prabowo maju sebagai capres.

Menurut dia, atas desakan itu, akhirnya Prabowo menerima mandat dari kader Gerindra dan atas dasar aspirasi tersebut Partai Gerindra secara resmi mencalonkan Prabowo Subianto sebagai capres. (*)

Baca juga berita terkait di: Prabowo Siap Terima Mandat Capres



Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH