Prabowo dan Jokowi Bakal Jalani 17 Tes Kesehatan Capres di RSPAD Presiden Jokowi bertemu Ketum Gerindra Prabowo Subianto (kanan) di Istana Negara. Foto: ANTARA

MerahPutih.com - Hingga kini hampir dipastikan Presiden Jokowi dan Ketum Gerindra Prabowo Subianto bakal kembali maju sebagai capres dalam Pilpres 2019. Meski belum ada yang resmi mendaftar, KPU sudah menetapkan bagi capres dan cawapres Pilpres 2019 bakal menjalani tes kesehatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto Jakarta.

"Sudah sejak kemarin diputuskan di RSPAD, seperti pemilu sebelumnya. Hari ini akan dilakukan koordinasi dengan pihak rumah sakit," kata Ketua KPU RI Arief Budiman di Gedung KPU RI Jakarta, Sabtu (4/8).

KPU mulai membuka pendaftaran capres/cawapres hari ini. Sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2018 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Pemilihan Umum 2019, masa pemeriksaan kesehatan bagi pasangan capres-cawapres berlangsung pada 5 - 13 Agustus.

Arief KPU
Ketua KPU Arief Budiman. Foto: KPU

Meurut Arief, KPU sudah berkoordinasi dengan RSPAD Gatot Subroto untuk menentukan klasifikasi tim dokter yang akan memeriksa kesehatan bakal pasangan capres-cawapres.

Dikutip Antara, pemeriksaan kesehatan capres-cawapres akan dilangsungkan satu hari setelah bakal pasangan calon tersebut mendaftar ke KPU RI. Nantinya, RSPAD Gatot Subroto bersama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) akan membuat standar teknis terkait elemen pemeriksaan kesehatan yang dilakukan terhadap pasangan capres-cawapres.

Tes kesehatan Pilpres 2019 diduga kuat takkan jauh berbeda dengan 5 tahun lalu. Pada Pemilu 2014 lalu, RSPAD Gatot Subroto dan IDI menetapkan 17 rangkaian tes kesehatan bagi pasangan capres-cawapres waktu itu.

RSPAD
RSPAD Gatot Subroto. Foto: IST

Ke-17 tes tersebut mencakup: pengambilan sampel darah pertama, pemeriksaan ultrasonografi (USG) abdomen, pemeriksaan sampel urin, pemeriksaan gigi, sarapan, pemeriksaan Minnesota Multifase Personality Inventory untuk kejiwaan, dan pemeriksaan penyakit dalam.

Selanjutnya, pengambilan sampel darah kedua, pemeriksaan thoraks, pemeriksaan jantung, pemeriksaan mata, pemeriksaan bedah, pemeriksaan syaraf, pemeriksaan MMR (Measles, Mumps, Rubella) kepala, pemeriksaan psikiatri, pemeriksaan paru-paru, dan pemeriksaan THT (telinga, hidung dan tenggorokan).

"Nanti pihak RSPAD akan menentukan tim dokter yang akan melakukan pemeriksaan, siapa saja dokternya, itu nanti pihak rumah sakit yang berwenang menentukan," tegas Ketua KPU. (*)



Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH