Prabowo Bisa Tiru Langkah Jokowi soal Penentuan Cawapres

Andika PratamaAndika Pratama - Jumat, 08 September 2023
Prabowo Bisa Tiru Langkah Jokowi soal Penentuan Cawapres
Menhan Prabowo Subianto. Foto: ANTARA

MerahPutih.com - Koalisi Indonesia Maju yang mengusung Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden hingga kini belum memutuskan sosok bakal calon wakil presiden pendamping Ketua Umum Partai Gerindra itu.

Sejumlah nama muncul menjadi kandidat pendamping Prabowo. Mulai dari Menteri BUMN Erick Thohir, Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto hingga putra Presiden Jokowi yang juga Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia, Ujang Komarudin menilai Prabowo dapat memilih Erick Thohir sebagai jika elektabilitas yang menjadi acuan.

“Ya tergantung kalau kita bicara elektabilitas ya ada nama Erick Thohir,” kata Ujang saat dihubungi, Jumat (8/9).

Meski begitu, kata Ujang, penentuan sosok cawapres dalam kontestasi pilpres tak hanya sekedar mengacu elektabilitas.

“Tetapi kadang-kadang ada kebutuhan lain misalkan seperti 2019 lalu pak Jokowi memilih pak Ma’ruf Amin,” ujarnya.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) ini menjelaskan, saat itu Ma’ruf Amin yang menjabat sebagai Rais Aam PBNU tidak mempunyai elektabilitas mentereng.

“Ma’ruf Amin tidak punya elektabilitas karena dia tokoh besar NU, Kiai NU, masuk dan kebetulan Pak Jokowi Incumbent menang,” imbuhnya.

Dengan kondisi demikian, kata Ujang, Prabowo bisa meniru langkah Jokowi di 2019 dalam menentukan sosok cawapres untuk Pilpres 2024.

“Seperti Prabowo juga bisa mencari sosok figur yang memiliki elektabilitas tinggi, bisa juga memiliki figur NU yang bisa untuk menambah kemenangan Prabowo,” kata dia.

Menurut Ujang, keputusan Prabowo dalam menentukan sosok cawapres tergantung dari situasi dan keadaan. Termasuk, dari sosok cawapres pendamping Ganjar Pranowo.

“Bisa tergantung situasinya dan keadaannya dan tergantung cawapres Ganjar menentukan untuk memilih cawapresnya pak Prabowo,” pungkasnya. (Pon)

#Prabowo Subianto #Capres 2024 #Erick Thohir #Pilpres 2024
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan