Prabowo Bikin Debat Kedua Mirip Dagelan

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Senin, 18 Februari 2019
Prabowo Bikin Debat Kedua Mirip Dagelan
Jokowi dan Prabowo bersalaman sebelum debat kedua capres dimulai (Foto: Antaranews)

Merahputih.com - Direktur Eksekutif Indonesian Public Institute (IPI) Karyono Wibowo menilai pelaksanaan debat capres kedua lebih berkualitas dibandingkan debat pertama.

Alasanya, pada debat kali ini, baik Jokowi maupun Prabowo Subianto terlihat lebih santai, tidak tegang seperti pada debat perdana. Sehingga performa paslon memancing suasana lebih cair.

"Poin plus dari debat kedua ini adalah suasana debat yang lebih cair. Ekspresi kedua capres tidak setegang pada saat debat pertama. Susananya tidak hanya cair tapi justru lebih jenaka. Bahkan nyaris mirip dagelan," ucap Karyono kepada wartawan, Senin (18/2).

Karyono mengatakan, hal itu disebabkan sikap capres 02 Prabowo Subianto yang kerap mengundang tawa, misalnya dia justru sering bersepakat dengan Jokowi yang menjadi rivalnya.

Prabowo juga beberapa kali tidak mau melanjutkan sisa waktu debat karena merasa sudah cukup. Dia mengaku sama pendapatnya dengan Jokowi.

"Jokowi pun sebenarnya datar-datar saja tetapi dalam debat kedua ini dia lebih unggul dari rivalnya," ucap Karyono.

Jokowi dan Prabowo bersama Ketua KPU
Jokowi dan Prabowo bersama Ketua KPU Pusat Arief Budiman (Foto: Antaranews)

Dia menuturkan, di debat kedua, Jokowi tampil lebih baik dari Prabowo. Jokowi dinilainya lebih lepas dan tenang dalam berkata.

Selain itu, dia lebih menguasai data, sebaliknya Prabowo kering data dan masih belum bisa keluar dari kebiasaannya yang sering menyampaikan hal-hal yang bersifat makro, bombastis dan hiperbola, kurang artikulatif dan minim eksplorasi.

Karyono menilai debat kedua secara umum lebih baik dari debat pertama meskipun masih ditemukan kekurangan, terutama pada debat eksploratif/debat bebas yang dinilainya kurang memberikan solusi.

"Ya mungkin waktu yang hanya 1 sampai 2 menit tidak mungkin dapat mengeksplorasi dan menyampaikan proyeksi yang lebih komprehensif," tuntasnya. (Fdi)

#Debat Capres-cawapres #Jokowi #Prabowo
Bagikan
Ditulis Oleh

Fadhli

Berkibarlah bendera negerku, tunjukanlah pada dunia.
Bagikan