Prabowo Bertemu Menhan Tiongkok Bahas Penguatan Kerja Sama Pertahanan

Andika PratamaAndika Pratama - Sabtu, 19 November 2022
Prabowo Bertemu Menhan Tiongkok Bahas Penguatan Kerja Sama Pertahanan
Menhan Prabowo Subianto bertemu Menteri Pertahanan Tiongkok, Jenderal Wei Feng He, Jumat (18/11) waktu setempat. Foto: Istimewa

MerahPutih.com - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto melakukan kunjungan kerja ke Xi'an City, Tiongkok bertemu Menteri Pertahanan Tiongkok, Jenderal Wei Feng He, Jumat (18/11) waktu setempat.

Dalam pertemuan ini, kedua menteri membicarakan mengenai penguatan kerja sama pertahanan kedua negara dan isu terkini dunia.

Baca Juga

Prabowo Doakan Muhammadiyah Tetap Jaya

Prabowo menyampaikan apresiasi kepada Wei atas sambutan hangat yang telah diberikan kepada dan atas peran aktifnya dalam menyukseskan hubungan bilateral, khususnya di bidang pertahanan kedua negara.

“Dengan upaya kolaboratif dari kedua belah pihak, kami telah memulai perjalanan pertumbuhan yang cepat. Saya ingin berterima kasih kepada Tiongkok, atas dukungan berkelanjutan yang telah diberikan kepada Indonesia selama ini,” ujar Prabowo.

Prabowo menjelaskan bahwa kerja sama pertahanan dan keamanan antara kedua negara tumbuh cukup dinamis selama ini, misalnya dalam bentuk pertemuan Menteri Pertahanan, latihan angkatan laut bersama, program untuk perwira militer dan think tank, serta kerja sama praktis dalam memerangi kejahatan transnasional dan pencegahan bencana.

Baca Juga

Prabowo dan Menhan Turki Bertemu Usai Penandatanganan MoU Bidang Pertahanan

Selanjutnya Prabowo berharap, kerja sama bilateral antara Indonesia dan Negeri Tirai Bambu itu khususnya di bidang pertahanan semakin kuat dan berkembang.

Kedua belah pihak pun sepakat untuk melanjutkan kerja sama pendidikan dan latihan militer bersama yang dihentikan sementara sejak pandemi COVID-19 terjadi.

Sementara itu, Wei menekankan bahwa situasi saat ini di kawasan Asia-Pasifik menghadapi tantangan yang berat dan kompleks. Oleh karenanya, ia berharap Tiongkok dan Indonesia dapat memainkan peran yang lebih signifikan dalam menjaga keamanan dan stabilitas kawasan.

Adapun militer kedua negara diharapkan senantiasa menjaga komunikasi strategis yang erat, memanfaatkan dengan baik mekanisme kerja sama, memperdalam kerja sama pragmatis dan memperkuat koordinasi multilateral, serta menjaga momentum pembangunan yang baik dari hubungan kedua militer. (Pon)

Baca Juga

Fokus Bantu Jokowi, Prabowo Kesampingkan soal Cawapres

#Prabowo Subianto
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan