Prabowo Bakal Revitalisasi Markas Kaveleri Mangkunegaran

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Senin, 30 Januari 2023
Prabowo Bakal Revitalisasi Markas Kaveleri Mangkunegaran
Menhan Prabowo Subianto di Solo. (Foto: MP/Ismail)

MerahPutih.com - Menteri PertahananPrabowo Subianto secara pribadi berniat memperbaiki atau merevitalisasi bangunan bersejarah peninggalan Mangkunegoro IV berupa Kavaleri Mangkunegaran 1853-1874.

Rencana revitalisasi itu diungkapkan Gusti Mangkunegoro X usai mendampingi Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo meninjau Kavaleri Mangkunegaran Selasa (24/1).

Baca Juga:

Mangkunegoro X Angkat Bicara Soal Bangunan Cagar Budaya Mangkunegaran yang Dirobohkan

"Kita lihat, masih awal sekali (rencana revitalisasi Kavaleri Mangkunegaran oleh Prabowo)," kata Gusti Mangkunegoro X, Minggu (29/1)

Dikatakannya, sosok Prabowo punya kepdulian terhadap Mangkunegaran dan sejarah. Terlebih Kavaleri Mangkunegaran punya sejarah panjang dengan militernya.

"Beliau (Prabowo) lama di militer dan punya latar belakang militer sehingga punya keterkaitan yang kuat pada Kavaleri Mangkunegaran," katanya.

Diakuinya, rencana revitalisasi itu masih tahap awal. Desain Kavaleri Mangkunegaran masih tersimpan rapi.

"Kavaleri Mangkunegaran dulu dengan sekarang tidak berubah. Dari dulu tidak pernah direvitalisasi. Setahu saya dari dulu tidak berubah," katanya.

Dia menjelaskan, Kavaleri Mangkunegaran dulunya isinya berupa instal kuda, barak dan pasukan legiun. Untuk sekarang masih kosong.

"Kami berusaha membuat program-program di Kavaleri Mangkunegaran supaya lebih hidup lagi, minimal mendatangkan wisatawan," katanya.

Dia berharap revitalisasi segera terwujud dengan mengembalikan keindahannya selerti dulu. Tak hanya revitalisasi bangunan fisik, ia juga berencana menghidupkan prajurit atau Bergodo Mangkunegaran.

"Akan kami hidupkan kembali (Bergodo) dengan devile prajurit. Semoga tahun ini. Semester satu tahun ini terealisasi," katanya.

Ia mengaku, sedang menyusun narasinya karena prajurit Mangkunegaran terdapat sejumlah divisi atau satuan dengan tugas berbeda-beda. Termasuk legiun Mangkunegaran juga akan dihidupkan untuk menarik wisatawan.

"Dokumentasi banyak. Kami terus melakukan kajian. Harusnya ketika ada momennya kita hidupkan kembali. Kami juga punya legiun perempuan yang ada sejak Mangkunegoro I (Laskar Sambernyawa RM Said)," pungkasnya.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka membenarkan adanya rencana Prabowo Subianto melakukan revitalisasi Kavaleri Mangkunegaran. Revitalisasi atas nama pribadi bukan atas nama Kemenhan.

"Prabowo bakal mengembalikan Pura Mangkunegaran ke bentuk asli yang dulu digunakan sebagai markas pasukan militer. Beliau (Prabowo) ingin memberikan sumbangsih pada ke Mangkunegaran," kata Gibran. (Ismail/Jawa Tengah).

Baca Juga:

Dirobohkan, Bangunan Cagar Budaya Mangkunegaran Rata dengan Tanah

#Prabowo
Bagikan
Bagikan