PPP Wajibkan Kadernya Sumbang Korban Banjir di Jakarta Wasekjen PPP Ahmad Baidowi (ANTARA)

MerahPutih.Com - Wakil Sekjen Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Achmad Baidowi menegaskan bahwa anggota partainya wajib mendonasikan rezekinya untuk membantu korban banjir di wilayah Jabodetabek.

"Termasuk anggota Fraksi PPP yang duduk sebagai pimpinan di DPR/MPR secara perorangan diwajibkan ikut mendonasikan secara khsusus," kata Baidowi dalam keterangannya, Jumat (3/1).

Baca Juga:

FAKTA Keluhkan Lambannya Pemprov DKI Tangani Banjir

Ia menambahkan, kader PPP yang menduduki jabatan di pemerintahan tingkat pusat juga diwajibkan mendonasikan sebagian penghasilannnya untuk kegiatan sosial ini.

PPP perintahkan semua kadernya sumbang korban banjir Jakarta
Wakil Sekertaris Jenderal (Wasekjen) PPP, Ahmad Baidowi. Foto: MP/Asropih

"Lalu, anggota fraksi PPP DPRD kab/kota dan provinsi diintruksikan untuk turut berpartisipasi," imbuh pria yang akrab disapa Awiek ini.

Ia menambahkan, kegiatan sosial tersebut akan dilaksanakan di 10 titik lokasi banjir dengan tujuan untuk membantu meringankan beban para korban.

Seperti diketahui, Badan Nasional Penanggulangan Bencana mencatat 397.171 warga masih mengungsi akibat banjir yang terjadi di sejumlah wilayah di Jabodetabek sejak Rabu (1/1) lalu.

"Jadi masih ada banyak pengungsi, jadi totalnya ada semacam 400.000 untuk seluruh wilayah Jabodetabek," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Hubungan Masyarakat BNPB Agus Wibowo.

Agus menyebutkan, jumlah pengungsi paling banyak ada wilayah Kota Bekasi, yakni 366.274 orang.

Menurut Agus, tingginya jumlah pengungsi di Kota Bekasi disebabkan oleh kondisi banjir di sana yang lebih parah dibanding wilayah-wilayah lainnya.

Baca Juga:

Reaksi Anies Tanggapi Isu Anggaran Penanggulangan Banjir 2020 Dipotong

Ia menambahkan, wilayah Bekasi sebetulnya tidak diprediksi akan terdampak banjir sebesar itu karena selama ini fokus hanya ditujukan pada ketinggian air Bendung Katulampa.

"Tiba-tiba di sebelah timur Jakarta di Bekasi ternyata di sana ada banyak sungai kan, Kali Bekasi, Kali Cikeas masuk di sana sehingga dampaknya besar, banjirnya tinggi, sehingga makanya pengungsinya banyak," pungkasnya.(Knu)

Baca Juga:

BNPB Beberkan Banjir di Beberapa Lokasi di Jakarta Sudah Surut



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH