PPP Tegaskan Masih Bagian dari KIB, meski Condong ke Ganjar

Wisnu CiptoWisnu Cipto - Selasa, 25 April 2023
PPP Tegaskan Masih Bagian dari KIB, meski Condong ke Ganjar
Koalisi Indonesia Bersatu. (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Plt Ketua Umum PPP Muhammad Mardiono mengatakan jika partai berlambang Kabah ini masih menjadi bagian dari Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), meskipun siap mengusung bakal calon presiden (capres) pilihan PDIP Ganjar Pranowo dalam pemilu mendatang.

"PPP masih koalisi dengan KIB (Koalisi Indonesia Bersatu). Dengan Golkar dan PAN. Insyaallah masih solid," ujar Mardiono di rumahnya saat open house, Senin (24/4).

Baca Juga:

PAN Nyatakan Siap Leburkan KIB ke Koalisi Besar

Mardiono mengakui jika saat ini pembahasan di KIB masih membicarakan tentang berbagai permasalahaan bangsa dan bagaimana mencari solusinya. Mardiono mengungkapkan KIB hingga saat ini belum membahas tentang capres dan cawapres yang akan diusung di Pemilu 2024 mendatang.

"Koalisi ini sesuai dengan piagam deklarasi yang kita tandatangani adalah tidak mencampuri urusan internal masing-masing partai. Tetapi memang (koalisi) belum merangkum bakal para capres dan cawapres," tutur Mardiono.

Mardiono membeberkan untuk penentuan nama calon yang akan diusung KIB sebagai capres dan cawapres akan diusulkan oleh masing-masing partai anggota koalisi. Nantinya, jika ada perbedaan nama yang diusung akan dilakukan negosiasi politik di internal koalisi.

"Nanti, di meja bundar dari ketiga partai itu (kalau) pilihannya sama ya Alhamdulillah. Kalau beda, ya tentu itu butuh negosiasi-negosiasi politik yang kuat," pungkas Mardiono.

Baca Juga:

KIB Mulai Lakukan Penilaian Pada Calon Presiden

Sebelumnya, Mardiono menyebut ada dukungan dari akar rumput di PPP untuk mengusung Ganjar sebagai capres di Pilpres 2024. Dukungan akar rumput ini telah disampaikan ke DPP PPP sejak enam bulan yang lalu melalui surat resmi.

Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) di Yogyakarta, Selasa (25/4) ini juga akan membahas terkait sosok capres Pemilu 2024, sekaligus sikap partai berlambang Kabah untuk koalisi ke depan.

Mardiono mengakui salah satu agenda utama Rapimnas termasuk untuk membahas sikap PPP terkait koalisi usai pencapresan Ganjar Pranowo oleh PDIP. "Itu sudah banyak (suara akar rumput PPP) yang menyuarakan (dukungan untuk Ganjar Pranowo maju capres)," tegasnya. (Cahyo/DIY)

Baca Juga:

KIB Dikabarkan Putuskan Arah Koalisi Capres Kamis Lusa

#Pemilu 2024
Bagikan
Ditulis Oleh

Wisnu Cipto

Bagikan