PPP Sodorkan Empat Kriteria Pendamping Jokowi di Pilpres 2019 Wasekjen PPP Ahmad Baidowi (ketiga dari kanan) dalam diskusi publik di Cikini, Jakarta Pusat (MP/Asropih)

MerahPutih.Com - Wakil Sekretaris Jenderal PPP Ahmad Baidowi mengaku, pihaknya telah menyodorkan beberapa kriteria Cawapres ideal pendamping Joko Widodo (Jokowi) di Pilpres 2019 mendatang.

Hal itu dilontarkan Baidowi dalam acara diskusi Polemik MNC Trijaya di Warung Daun Cikini, Jakarta Pusat, pada Sabtu (14/7).

"Bagi PPP, pasangan pendamping Jokowi bukan soal nama, dari awal kami hanya menyampaikan sebatas kriteria saja," kata Ahmad Baidowi.

Setidaknya, kurang lebih ada empat kriteria yang diinginkan partai berlambang Ka'bah itu. Diantaranya harus memiliki chemistry dengan Jokowi, mewakili kultur dan budaya serta agama di Indonesia.

Presiden Jokowi bersama para petinggi PPP
Presiden Joko Widodo (ketiga kiri) bersama Ketua Majelis Syariah PPP Maimun Zubair (kedua kiri), Ketua Majelis Pakar PPP Lukman Hakim Saifuddin (kiri), dan Ketum PPP Romahurmuziy (keempat kiri).(Foto: Antara)

"Yang pertama, figur punya kedekatan, kesesuaian dengan Jokowi, Kedua mewakili kultur politik Islam atau santun. Berikutnya, figur cawapres harus punya kemampuan, kapasitas, khususnya dalam hal ekonomi. Keempat, wapres Jokowi harus diterima anak muda," jelasnya.

Saat disinggung apakah sudah ada figur yang dianggap memenuhi kriteria yang dimaksud, Baidowi menyerahkan sepenuhnya kepada Jokowi.

"Soal nama-nama yang masuk sesuai dengan Jokowi, apakah itu orang parpol orang non parpol juga tidak apa-apa, silakan Pak Jokowi yang menyimpulkan," ungkapnya.

Meski demikian, partai pimpinan Romahurmuziy alias Romy ini pun akan terima siapapun yang akan dipilih oleh mantan Gubernur DKI Jakarta itu.(Asp)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Pengamat: Bisikan dari Partai Politik akan Tentukan Figur Cawapres Jokowi

Kredit : asropih


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH