Pilgub Jatim 2018

PPP Beberkan Dua Kriteria Pendamping Khofifah

Andika PratamaAndika Pratama - Minggu, 29 Oktober 2017
PPP Beberkan Dua Kriteria Pendamping Khofifah
Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa berdoa di depan makam mantan Ketua Umum Nahdlatul Ulama almarhum KH Hasyim Muzadi. Foto: ANTARA

MerahPutih.com - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) akan mendukung Khofifah Indar Parawansa maju bertarung sebagai Gubernur Jawa Timur di Pilkada 2018. PPP tengah melakukan komunikasi intens dengan Menteri Sosial tersebut. Namun, Ketua Umum DPP PPP, Romahurmuziy mengatakan Khofifah harus memilih dengan matang calon kandidat pendampingnya.

Romi menjelaskan berdasarkan peneropongannya, kandidat yang tepat untuk mendampingi Khofiah memiliki dua kriteria. Pertama adalah seseorang yang berasal dari kaum Abangan.

Ia menjelaskan Kaum Abangan adalah salah satu dari tiga kaum yang berada di Jawa Timur. Pertama adalah Kaum Pantura yang sebagian besar adalah pesantren dan para kyai dan ulama. Kaum kedua adalah kaum Mataraman.

“Kaum ini ada di kawasan Selatan Jawa Timur yang mewakili kaum abangan. Terakhir adalah wilayah Pendalungan di Tapal Kuda yang mayoritas adalah suku Madura.,” jelasnya.

Calon Gubernur yang berasal dari kaum abangan bisa menyeimbangkan Khofifah yang lebih banyak mendapat dukungan dari kaum pesantren dan Tapal kuda.

Krieteria kedua adalah seseorang yang bisa menggaet suara generasi muda. Pendamping Khofifah haruslah mewakili generasi muda masa kini yang mampu menampung aspirasi para pemuda. “Profilnya haru sbisa menarik Generasi muda jaman now,” jelasnya.

Pasalnya berdasarkan data, sekitar 32 persen dari pemilih di Jawa Timur 2018 adalah kaum muda dan kaum pemula. Dukungan dari generasi milenial ini diyakini mampu mendongkrak suara dukungan pada Khofifah.

Pihaknya kini terus melakukan komunikasi insentif kepada DPP partai yang mengususng Kofifah seperti Nasdem, Golkar, Demokrat.

Berita ini merupakan laporan Teresa Ika, kontributor merahputih.com, untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.

#Khofifah Indar Parawansa #Pilgub Jatim
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan