PPKM Level 4 Diperpanjang, Pemkot Yogyakarta Kurangi Titik Penyekatan Jalan

Andika PratamaAndika Pratama - Kamis, 19 Agustus 2021
PPKM Level 4 Diperpanjang, Pemkot Yogyakarta Kurangi Titik Penyekatan Jalan
Sepinya kawasan Malioboro. (Foto: MP/CCTV Kota Jogja)

MerahPutih.com - Pemerintah pusat kembali memperpanjang PPKM level 4 di zona merah. Namun, Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta mengurangi titik penyekatan di sejumlah ruas jalan dalam kota.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta, Agus Arief menuturkan, pihaknya akan membuka secara bertahap penyekatan di sejumlah jalan, dimulai dari simpang Jalan Gejayan.

Baca Juga

Permudah Identifikasi, Pemkot Yogyakarta Bagikan Gelang Vaksinasi ke Warga

“Meskipun sudah dibuka, tetapi masih dilakukan terbatas sehingga tidak menambah beban kepadatan lalu lintas di Jalan Urip Sumoharjo,” kata Agus di Yogyakarta, Kamis (19/8).

Sebelum dilakukan penyekatan, arus lalu lintas di simpang tiga Demangan dari arah utara masih diperbolehkan belok ke arah barat masuk Jalan Urip Sumoharjo.

“Untuk saat ini, arus lalu lintas dari utara tidak diperbolehkan belok kanan ke arah barat. Tetapi arus kendaraan dari selatan dan timur sudah diperbolehkan masuk ke Jalan Urip Sumoharjo,” kata Agus.

Pembukaan penyekatan jalan tersebut dilakukan sejak sepekan lalu. Hasil evaluasi akan dijadikan akan dijadikan bahan pertimbangan untuk pembukaan sembilan titik penyekatan lain yang.

Sepinya kawasan Malioboro. (Foto: MP/CCTV Kota Jogja)
Sepinya kawasan Malioboro. (Foto: MP/CCTV Kota Jogja)

Agus mengatakan, hingga kini mobilitas kendaraan dari luar daerah atau dari luar DIY ke Kota Yogyakarta belum terlalu tinggi.

“Arus lalu lintas masih didominasi mobilitas masyarakat lokal saja. Kalau nanti kami buka semuanya, justru akan memberikan dampak yang kurang baik terhadap upaya penurunan kasus COVID-19 di Yogyakarta,” katanya.

Pada pekan ini, tingkat mobilitas di Kota Yogyakarta pada siang hari sekitar 40 persen. Sementara pada malam hari turun menjadi 32 persen.

“Sudah ada sedikit peningkatan karena sebelumnya malam mobilitas sekitar 30 persen,” katanya.

Sementara itu, Ketua Harian Satgas Penanganan COVID-19 Yogyakarta Heroe Poerwadi mengatakan, pembukaan penyekatan dilakukan bertahap di ruas jalan yang dinilai tidak akan memberikan dampak signifikan pada tingkat keramaian masyarakat di kawasan tersebut.

“Untuk Malioboro juga sudah dibuka, tetapi hanya pagi sampai sore hari saja untuk memudahkan perlintasan pengguna jalan. Kalau malam ditutup kembali agar mengurangi potensi keramaian,” katanya.

Dengan masih adanya penyekatan di sejumlah ruas jalan, lanjut Heroe, menjadi pesan untuk warga agar mengurangi mobilitas di luar rumah karena kasus COVID-19 di Kota Yogyakarta masih cukup tinggi. (Teresa Ika/Yogyakarta)

Baca Juga

Bulan Ini 12 Ribu Nakes di Yogyakarta Ditargetkan Vaksin COVID-19 Dosis Ketiga

#Yogyakarta #PPKM #PPKM Level 1-4
Bagikan
Bagikan