PPKM Darurat Berlaku, Mal Hingga Jalanan Surabaya Nampak Sunyi

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Minggu, 04 Juli 2021
PPKM Darurat Berlaku, Mal Hingga Jalanan Surabaya Nampak Sunyi
Ruas Jl. Basuki Rahmat Surabaya nampak sunyi (MP/Andika)

MerahPutih.com - Sejak diberlakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Surabaya, sejumlah jalanan dan pusat perbelanjaan yang biasanya nampak riuh kini terasa kosong seperti kota mati. Hal itu terlihat di Tunjungan Plasa Surabaya.

Pantauan MerahPutih.com, hanya beberapa outlet makanan yang masih buka. Itupun hanya melayani pembelian secara take away (bawa pulang). Lisa Aryanti, karyawan salah satu stand fast food mengatakan tempatnya bekerja itu mulai beroperasi pukul 10.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB. Selama hari pertama, ia hanya melayani 4 pembeli.

Baca Juga:

TNI Kirim 176 Perwira Muda Bantu Tenaga Medis Hadapi COVID-19

"Yah jelas sepi banget, dari siang sampai sekarang cuma melayani 4 pembeli Itu take away semua, dan saya sadar lah kalau PPKM Darurat ini banyak orang memilih diam di rumah, atau kalau pesan makanan yah dibawa pulang," ujar Lisa, Minggu (4/7).

Tak hanya di mal, di ruas JL. Tunjungan dan JL.Basuki Rahmat yang menjadi jantung kota Surabaya ini berubah 180 derajat. Ruas jalan yang biasanya ramai dipadati kendaraan, kini sepi. Kendaraan yang melintas per menitnya 4 hingga 10 kendaraan bermotor.

Kondisi Tunjungan Plasa semenjak berlakunya PPKM Darurat (MP/Andika)

Sementara di mal sekitar, BG Junction juga nampak sunyi. Pedagang asongan yang biasa bertengger di bibir jalanan sekitar mal tersebut kini tak lagi terlihat. Rudi, salah satu Cleaning Service mal tersebut sempat menegur tim MerahPutih.com, ia menginformasikan mal sudah mulai berhenti operasional.

"Mas, maaf ini mau tutup, kan PPKM Darurat. Jadi mulai sekarang jam 19.30 kami pekerja di sini sudah mulai siap-sia berkemas pulang. Kalau mau ke sini, besok siangan saja enggak apa-apa," tuturnya sopan.

Galaxy Mall (GM) Surabaya tak lepas dari pantauan, kondisinya pun hampir sama dengan mal sebelumnya yang telah dikunjungi tim MerahPutih.com.

Baca Juga:

Pemprov DKI Siapkan Vaksinasi COVID-19 Bagi WNA, Ini Kriterianya

Sejumlah outlet busana dan kuliner pun juga banyak yang ditutup. Bahkan, diantara pintu akses Galaxy Mall yang lain nampak terjunci hingga lift yang sudah dimatikan.

"Ini sudah mulai mau tutup, mohon bentar lagi meninggalkan mal ini. Di sini harus mematuhi aturan pemerintah untuk ngikuti PPKM Darurat," ujar salah satu security di sekitar ATM Center Galaxy Mall Surabaya. (Andika/Jawa Timur)

#Surabaya #PPKM #PPKM Darurat
Bagikan
Bagikan