PP Pertina Targetkan Perbaikan Peringkat dan Medali Kejuaraan tinju Wapres Cup IV dan Walikota Cup III yang berlangsung 29 November-5 Desember 2015 tersebut diikuti 114 peserta dari 26 provinsi. (Foto: kemenpora.go.id)

MerahPutih Olahraga - Ajang SEA Games 2017 mendatang bakal digelar di Malaysia. Pengurus Pusat Persatuan Tinju Amatir Indonesia (PP Pertina) menargetkan perbaikan peringkat dan perolehan medali.

Humas PP Pertina Finon Manullang mengatakan target tersebut tidak bisa dianggap enteng. Kerja keras wajib ditingkatkan sejak sekarang. 

"Kalau di SEA Games lalu (2015), kita cuma dapat satu medali emas. Karena itu besok (2017), harus tiga. Sebab kalau dua, tidak ada kemajuan dan perkembangan latihan namanya," ujar Finon Manullang saat dihubungi merahputih.com, Jumat (25/12).

Sebagai gambaran, di SEA Games 2015 di Singapura, satu medali emas dari cabang olahraga tinju dipersembahkan Cornelis Mangu yang turun di nomor Light Flyweight (46-49 kg). Salah satu kuncinya, lantaran mendapatkan kesemptan uji coba ke Kuba selama satu bulan jelang SEA Games.

"Kita harus mampu mengimbangi Thailand, Filipina dan Vietnam. Selain tidak ada kemajuan, kalau hanya satu medali emas itu artinya kita sama dengan Kamboja, Singapura dan Timor Leste. Dilihat dari sisi manapun, ini tidak benar dan tidak boleh terjadi," tukasnya.

Namun, Finon mengaku belum bisa memberikan gambaran atlet yang bakal diandalkan untuk merealisasikan tiga medali emas tersebut. Sebab posisi saat ini, mayoritas kemampuan petinju Indonesia masih tidak stabil.

"Misalnya saja Julio Bria. Digadang-gadang jadi petinju andalan, namun faktanya di Bogor (sarung tinju emas) dia kalah di kualifikasi. Karena itu, kita harus lebih bekerja keras," ucapnya.

SEA Games 2017 digelar pada 19-31 Agustus atau lebih awal dari jadwal sebelumnya, 16-30 September. Selain itu, penutupan bakal dibarengi dengan perayaan hari kemerdekaan ke-60 Malaysia.

Sementara cabang olahraga yang dipertandingkan, hanya berjumlah 39. Malaysia ditunjuk menjadi tuan rumah sejak pertemuan SEA Games Federation di Myanmar, Juli 2012. Sebelmnya, Malaysia sudah menjadi tuan rumah SEa Games sebanyak lima kali, 1965, 1971,1977, 1989 dan 2001. (esa) 

BACA JUGA:

  1. Momen Natal, PP Pertina Bangkitkan Semangat Petinju
  2. PON 2016 Terancam Tanpa Sepak Bola
  3. Terus Berlatih, Daud Yordan Tak Libur Natal dan Tahun Baru
  4. Mantan Atlet Gulat Nostalgia Nyaris Tampil di SEA Games
  5. Bonus SEA Games Dibagikan 9 Juli

 


Tags Artikel Ini

Luhung Sapto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH