Kesehatan

Power Nap untuk Lebih Produktif

Dwi AstariniDwi Astarini - Jumat, 31 Maret 2023
Power Nap untuk Lebih Produktif
Power nap dapat membantu meningkatkan produktivitas. (foto: pexels-andrea piacquadio)

TIDUR siang bisa jadi bagian strategi meningkatkan produktivitas. Beberapa organisasi terkenal dunia, seperti Google dan NASA, telah menyadari bahwa tidur siang dapat membantu meningkatkan produktivitas. Oleh karena itu, sebagian besar dari mereka menyulap ruang konferensi menjadi kamar tidur.


“Pernyataan bahwa tidur siang hanya untuk anak prasekolah sama sekali tidak benar,” kata profesor kedokteran paru dan tidur di University of Southern California Raj Dasgupta MD, seperti dikabarkan Healthline. Sebenarnya, power nap menawarkan segudang manfaat kesehatan dari membantu meredakan stres hingga meningkatkan kewaspadaan.

BACA JUGA:

Tidur Setelah Makan Siang Ternyata Juga Ada Manfaatnya


Seperti dikabarkan Headspace, power nap adalah tidur dalam waktu yang singkat dan ditujukan melengkapi tidur normal. Walaupun dilakukan dalam waktu yang singkat, tidur siang, menurut Direktur Medis Choice Physicians Sleep Center di Florida Camilo A Ruiz, dapat membantu memulihkan fungsi otak, konsolidasi memori, pembuangan racun yang menumpuk sepanjang hari, dan ledakan energi. Pada penelitian lain juga menemukan bahwa power nap dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

insomnia
Orang yang mengalami insomnia sebaiknya menghindari tidur siang. (foto: pexels-cottonbro studio)


Kamu akan bertanya, apakah aku membutuhkan tidur siang? Ternyata tidak semua orang membutuhkan tidur siang. Seorang spesialis tidur bersertifikat Michael Breus mengatakan orang yang insomnia tidak boleh tidur siang. Jika kamu menderita insomnia, tidur siang dapat membuatmu merasa tidak perlu tidur terlalu banyak di malam hari sehingga berpotensi memperburuk kondisimu.


Untuk menyempurnakan power nap, kamu harus menyesuaikan dengan waktu tidur. Sebuah studi pada 1995, dikutip NASA, menemukan tidur siang selama 26 menit merupakan sweet spot dan dapat meningkatkan kewaspadaan sebesar 54 persen dan kinerja sebesar 34 persen. Namun, para ahli cenderung setuju bahwa tidur 20 hingga 30 menit sudah cukup untuk mendapatkan manfaat tanpa membuatmu merasa pusing saat bangun tidur.

BACA JUGA:

Tidur Siang Baik untuk Kesehatan, Asal...


Durasi tidur siang perlu untuk diperhatikan karena tidur terjadi dalam sebuah siklus. Siklus normal dimulai dengan tahap tidur yang lebih ringan yang disebut non-rapid eye movement (NREM) dan akhirnya mencapai tahap tidur yang jauh lebih mendalam yang disebut tidur REM. Siklus itu terjadi berulang saat tertidur dan setiap siklus berlangsung sekitar 90 menit.


Tidur REM yang dalam sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan karena saat itulah tubuh akan bekerja untuk memulihkan energi, meningkatkan suplai darah ke otot, dan mendorong perbaikan jaringan serta tulang. Namun, tidur REM perlu dihindari saat tidur siang karena kamu mungkin mengalami inersia tidur, kondisi merasa pusing, dan bingung setelah tidur.

jam
Durasi tidur siang perlu diperhatikan agar tidak mengalami inersia tidur. (foto: pexels-pixabay)


Cara lain yang untuk membuat power nap lebih efektif adalah dengan menciptakan zona tidur siang yang sempurna. Kamar yang gelap, sejuk, dan sunyi menjadi lokasi yang ideal untuk tidur. Jika tidak dapat mengontrol cahaya dan suhu, kamu dapat mengakalinya dengan masker tidur dan melepas lapisan ekstra baju seperti sweater.(vca)

BACA JUGA:

Manfaat Tidur Siang Saat Puasa untuk Kesehatan

#Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan