Kesehatan

Power Nap, Singkat tapi Menyegarkan

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Senin, 02 Januari 2023
Power Nap, Singkat tapi Menyegarkan
Power nap dilakukan 20-30 menit saja. (Foto: Unsplash/Adrian Swancar)

KAMU pasti pernah melakukan power nap atau tidur siang yang dilakukan secara singkat, sekitar 20-30 menit. Tidur siang ini bisa membuatmu kembali bugar dan bersemangat dalam menjalankan aktivitas.

Secara alami, tubuh kita akan mulai merasa lelah dan kembali butuh istirahat sekitar 8 jam setelah bangun dari tidur malam. Jika kamu bangun pagi pukul 06.00, umumnya rasa lelah akan mulai terasa di pukul 13.00-14.00. Nah, jika kamu tidak memberikan waktu sejenak untuk tubuh beristirahat, hal itu akan menyebabkan turunnya produktivitas dan performa kerjamu. Itulah mengapa power nap amat disarankan. Seperti dilansir Alodokter, berikut beberapa manfaat power nap.

Baca juga:

Manfaat Tidur Siang untuk Kecantikan

Power Nap, Singkat Tapi Menyegarkan
Aktivitas akan jauh lebih lancar setelah melakukan power nap. (Foto: Unsplash/Christin Hume)

1. Mengurangi rasa lelah

Mengurangi rasa lelah dan juga kantuk saat beraktivitas adalah salah satu manfaat utama dari power nap yang bisa kamu lakukan. Hal ini dikarenakan power nap dapat membantu memulihkan energi dan tenaga yang biasanya sudah mulai menurun di siang hari.

2. Meningkatkan fokus dan konsentrasi

Setelah tidur, biasanya akan membantu mengistirahatkan otak dan menjernihkan pikiran, sehingga kinerja otak diharapkan akan kembali pulih. Dengan begitu, kamu bisa lebih fokus dan berkonsentrasi selama bekerja, sehingga pekerjaan yang dihasilkan pun akan lebih maksimal.

3. Meningkatkan suasana hati

Jika tubuh terasa segar dan jauh dari rasa kantuk, suasana hatimu sepanjang hari pasti juga bisa terjaga dengan baik, bukan? Itulah mengapa power nap dapat membantu meningkatkan suasana hati. Dengan suasana hati yang baik, seluruh aktivitas akan terasa lebih mudah untuk dilakukan.

Baca juga:

Tidur Setelah Makan Siang Ternyata Juga Ada Manfaatnya

Power Nap, Singkat Tapi Menyegarkan
Power nap dapat kembali menyegarkan tubuh. (Foto: Unsplash/Alexander Grey)

4. Mengatasi stres

Sebuah studi menunjukkan bahwa melakukan power nap selama kurang lebih 30 menit dapat mengurangi kadar stres seseorang dan membantu menjaga sistem kekebalan tubuh.

Para ahli menyarankan power nap sebaiknya dilakukan selama 20-30 menit saja. Jika terlalu lama, kamu akan masuk ke tahap tidur yang lebih dalam, sehingga jadi lebih sulit untuk bangun. Tidak hanya itu, tidur siang yang terlalu lama juga berpotensi membuuatmu jadi susah tidur di malam hari. Untuk itu, kamu disarankan memasang alarm agar tidur ketiduran. Cari tempat power nap yang nyaman, misalnya tempat yang sejuk, tenang, dan dengan cahaya yang redup. (and)

Baca juga:

Tidur Siang Baik untuk Kesehatan, Asal...

#Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan