Potret Vincent Van Gogh Ditemukan Tersembunyi di Balik Lukisan Lain

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Jumat, 15 Juli 2022
Potret Vincent Van Gogh Ditemukan Tersembunyi di Balik Lukisan Lain
Gambar X-ray menunjukkan seseorang berjanggut dengan topi bertepi dan syal diikat longgar di lehernya. (Foto: Twitter/@NatGalleriesSco)

SEBUAH potret diri Vincent Van Gogh yang sebelumnya tidak diketahui telah ditemukan tersembunyi di belakang lukisan lain. Para ahli di National Gallery of Scotland (NGS) atau Galeri Nasional Skotlandia membuat penemuan itu ketika kanvas lukisan lain tersebut dirontgen sebelum pameran.

Potret diri yang tersembunyi itu ditutupi lapisan lem dan karton di bagian belakang karya sebelumnya yang berjudul Head of a Peasant Woman. Konservator senior galeri Lesley Stevenson mengatakan dia merasa terkejut menemukan gambar wajah pelukis itu memandang kita.

"Ketika kami melihat X-ray untuk pertama kalinya, tentu saja kami sangat bersemangat. Ini adalah penemuan yang signifikan karena menambah apa yang sudah kita ketahui tentang kehidupan Van Gogh," ujar Stevenson seperti diberitakan BBC (14/7).

Baca juga:

Lukisan Potret Diri Frida Kahlo Terjual Hampir Rp 500 miliar

Potret Vincent Van Gogh Ditemukan Tersembunyi di Balik Lukisan Lain
Potret diri itu ditemukan di belakang lukisan 'Head of a Peasant Woman' yang merupakan koleksi NGS. (Foto: Twitter/@NatGalleriesSco)

Seniman Belanda tersebut dikatakan sering menggunakan kembali kanvas untuk menghemat uang, membaliknya dan kemudian melukis sisi lain.

Karyanya tidak laku selama hidupnya dan ketenarannya baru muncul setelah kematiannya pada tahun 1890, pada usia 37 tahun. Van Gogh menjadi salah satu tokoh paling terkenal dan berpengaruh dalam sejarah seni Barat.

Head of a Peasant Woman masuk dalam koleksi NGS pada 1960, sebagai bagian dari hadiah dari seorang pengacara terkemuka Edinburgh. Lukisan itu menunjukkan seorang perempuan lokal dari kota Nuenen di selatan Belanda, tempat sang seniman tinggal dari Desember 1883 hingga November 1885.

Diperkirakan bahwa Van Gogh kemudian melukis potret diri di sisi lain pada momen penting dalam kariernya, setelah ia pindah ke Paris dan terkena pengaruh karya impresionis Prancis.

Sekitar 15 tahun setelah kematiannya, Head of a Peasant Woman dipinjamkan ke sebuah pameran di Museum Stedelijk, Amsterdam. Diyakini bahwa saat itulah kanvas ditempelkan di atas karton sebelum dibingkai. Tampaknya lukisan 'Head of a Peasant Woman' dianggap lebih "selesai" daripada potret diri di sisi lain.

Lukisan itu kemudian berpindah tangan beberapa kali dan pada tahun 1923 diakuisisi oleh Evelyn St Croix Fleming. Baru pada tahun 1951 ia datang ke Skotlandia, setelah memasuki koleksi Alexander dan Rosalind Maitland yang kemudian disumbangkan ke NGS.

Baca juga:

Museum Belgia Kembalikan Lukisan yang Dijarah Nazi

Potret Vincent Van Gogh Ditemukan Tersembunyi di Balik Lukisan Lain
Potret diri yang tersembunyi itu ditutupi lapisan lem dan karton di bagian belakang lukisan lain itu. (Foto: Twitter/@NatGalleriesSco)

Para ahli di galeri mengatakan lukisan potret diri yang tersembunyi itu bisa diungkap, tetapi proses menghilangkan lem dan kardus akan membutuhkan pekerjaan konservasi yang rumit. Penelitian sedang berlangsung untuk mengetahui bagaimana hal itu dapat dilakukan tanpa merusak lukisan Head of a Peasant Woman.

Namun, pengunjung pameran di Edinburgh akan dapat melihat gambar sinar-X untuk pertama kalinya melalui lightbox yang dibuat khusus. Gambar X-ray menunjukkan seseorang berjanggut dengan topi bertepi dan syal diikat longgar di lehernya. Dia menatap dengan intens, sisi kanan wajahnya dalam bayangan dan telinga kirinya terlihat jelas.

Prof Frances Fowle, kurator senior Seni Perancis di Galeri Nasional Skotlandia, menggambarkan penemuan itu sebagai hadiah luar biasa bagi Skotlandia. "Momen seperti ini sangat langka. Kami telah menemukan sebuah karya yang tidak diketahui oleh Vincent van Gogh, salah satu seniman paling penting dan populer di dunia," ujarnya.

Beberapa potret diri dan karya lain Van Gogh seperti itu sebelumnya telah ditemukan dilukis di belakang kanvas sebelumnya dari periode Nuenen. (aru)

Baca juga:

Lukisan Marilyn Monroe Karya Andy Warhol Jadi Benda Seni Abad ke-20 Termahal

#Lukisan #Vincent Van Gogh #Peninggalan Bersejarah
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan