Potret Ketangguhan Prajurit Bali Melalui Tari Baris Tari baris menggambarkan ketangguhan prajurit Bali (Foto: panbelog.wordpress)

Bali memang kerap memiliki berbagai macam tarian khas. Budaya menari sudah menjadi identitas yang tidak bisa dipisahkan dari masyarakat Bali. Tarian-tarian tersebut biasa menjadi pelengkap dalam ritual keagamaan.

Namun, ada juga tarian yang dilakukan sebagai simbol ketangguhan prajurit Bali. Seperti baris, yang hanya dilakukan oleh kaum lelaki di Bali. Berdasarkan sejarah, tari yang sudah diajarkan kepada anak laki-laki di Bali sebelum beranjak dewasa ini sudah ada sejak pertengahan abad 16.

Tari ini dibawakan secara berkelompok. Para penari dilengkapi dengan atribut senjata tradisional dan pernak pernik lainnya. Dengan energik dan lugas, para penari melakukan tarian ini.

(Foto: radiasa.blogspot)

Lanjut pada gerakan, tari ini menggambarkan ketangguhan pada prajurit Bali di masa lampau. Para penari mengangkat pundak setinggi telinga, yang menggambarkan ketegasan dan kesiapan. Lalu, kedua tangan mereka hampir pada posisi horizontal. Tak lupa ciri khas dari tari ini, gerakan delik mata para penari yang berubah-ubah, menggambarkan kesiagaan para prajurit Bali yang selalu bersiaga dengan keadaaan sekitar.

Berbicara soal kostum yang digunakan, para penari mengenakan mahkota berbentuk segitiga. Mahkota tersebut dihiasi kulit kerang vertikal yang berjajar di bagian atas mahkota. Pakaian berwarna-warni yang longgar membungkus tubuh penari yang menjalar kebawah dengan tumpuan pundah penari. Pada saat melakukan gerakan memutar dengan satu kaki, pakaian tersebut akan terlihat mengembang.

Hingga sekarang tari ini masih dilestarikan. Acara budaya dan berbagai acara lainnya di Bali, juga menampilkan tari baris.

Baca juga artikel mengenai tarian lainnya Tari Pakarena, Terlahir Dari Perempuan Kayangan


Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH