Potret Indonesia dalam Koleksi Albert Yanuar di Panggung JFW 2021

Muchammad YaniMuchammad Yani - Sabtu, 28 November 2020
Potret Indonesia dalam Koleksi Albert Yanuar di Panggung JFW 2021
Albert Yanuar membuat sketsa untuk koleksinya di Jakarta Fashion Week 2021 (Foto: Instagram/albertyanuarworld)

DI masa pandemi, masyarakat di berbagai belahan dunia diimbau untuk tidak terlalu banyak beraktivitas di luar rumah. Tujuannya untuk lebih mengendalikan penyebaran virus COVID-19. Liburan menjadi salah satu agenda yang harus ditangguhkan. Hal tersebut tentu membuat masyarakat begitu rindu untuk berwisata.

Bukan hanya masyarakat yang mendambakan traveling, industri pariwisata pun merana dan menjadi sektor yang paling terdampak oleh wabah COVID-19. Berangkat dari kerinduan masyarakat untuk bisa kembali berwisata dan lesunya pariwisata Indonesia, desainer Albert Yanuar menghadirkan koleksi siap pakai premium, Enchanted Memories.

Baca juga:

Dunia Fesyen Berani Tampil Beda dan Tepis Stereotipe Gender

Benang bordir serat tencel ramah lingkungan (Foto: Instagram/albertyanuarworld)
Benang bordir serat tencel ramah lingkungan (Foto: Instagram/albertyanuarworld)

"Sebagai seorang fashion designer, saya merasa bertanggung jawab untuk lebih lagi mempromosikan kekayaan wisata dan budaya tanah air Indonesia ke mancanegara," ujarnya.

Dirinya pun menuangkan memori-memori indah tentang sebuah tempat yang pernah dikunjungi ke dalam busana. Salah satu lokasi pariwisata yang ditampilkan dalam karya kolaborasinya dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia adalah Candi Borobudur.

Baca juga:

Time Capsule Barli Asmara di Jakarta Fashion Week 2021

Koleksi Albert Yanuar x Wonderful Indonesia. (Foto:: Istimewa)
Koleksi Albert Yanuar x Wonderful Indonesia. (Foto: Istimewa)

Lukisan yang ia torehkan pada rancangannya menggunakan teknik bordir tangan. Hal tersebut yang menjadi kekuatan dari garis rancangan Albert Yanuar. Agar memberi sentuhan glamor, Albert menggunakan bordiran dengan benang emas.

Untuk panggung Jakarta Fashion Week 2021, Albert memastikan koleksinya ramah lingkungan dan mendukung sustainable fashion. Ia menggunakan bahan baku berupa benang bordir serat tencel. Serat tencel tersebut terbuat dari Rumput Bambu Organik. Itu menjadi poin utama karena limbah produksinya bisa terurai oleh lingkungan (Biodegradable). (Avia)

Baca juga:

Cara Desainer Indonesia Bertahan di Tengah Pandemi

#Fashion #Jakarta Fashion Week
Bagikan
Ditulis Oleh

Iftinavia Pradinantia

I am the master of my fate and the captain of my soul
Bagikan