Potensi Objek Terbawa Arus, Area Pencarian Sriwijaya Air Diperluas

Andika PratamaAndika Pratama - Kamis, 14 Januari 2021
Potensi Objek Terbawa Arus, Area Pencarian Sriwijaya Air Diperluas
Dirops Basarna Brigjen TNI Rasman M.S memberikan keterangan pers di Posko SAR Terpadu Jakarta International Container Terminal (JICT) 2 Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (14/1) (ANTARA/Laily Rahmawa

MerahPutih.com - Tim SAR gabungan melanjutkan pencarian jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182 di perairan Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

Pada pencarian hari keenam tim gabungan memperlebar area pertolongan para korban, serpihan pesawat, dan serta black box voice recorder (CVR). Pencarian tetap melalui udara untuk mendekteksi korban dan serpihan pesawat tersebut.

Baca Juga

Lanjutkan Pencarian Korban Sriwijaya Air, Tim SAR Berharap Cuaca Bersahabat

"Tentunya ada bagian-bagian atau korban yang mungkin terbawa arus tentu mungkin sudah cukup jauh," ujar Direktur Operasi Basarnas Brigjen TNI (Mar) Rasman selaku SAR Mission Coordinator (SMC) di Jakarta, Kamis (14/1).

Lanjut Rasman, tim juga akan menyisir sampai ke pantai-pantai yang ada di Pulau Seribu. Hal itu untuk mengoptimalkan potensi-potensi objek pencarian yang ada di pantai baik itu di pulau kecil maupun di pulau besar.

"Kemudian juga kita tetap melaksanakan pencarian di atas permukaan," terang dia.

Suasana JICT II, Jakarta, Kamis (14/01/2021).
Suasana JICT II, Jakarta, Kamis (14/01/2021).

Sebab ucap Rasman, ketika pencarian hari kelima Rabu (13/1) kemarin, ada penyerahan objek pencarian yang ditemukan oleh nelayan yang tersangkut di jaring miliknya.

"Artinya bagian-bagian ini juga melayang di air. Jadi tidak semuanya tertanam di dasar laut," ungkapnya.

Yang paling utama dalam mendapatkan objek pencarian ialah melalui bawah permukaan laut karena kemungkinan objek yang dicari ada di sana. Pencarian lewat bawah permukaan dilakukan dengan penyelaman.

"Sampai saat ini penyelam yang terdata yang masuk ke lokasi hari ini adalah sebanyak 268 orang dengan enam sektor saya pikir sudah cukup apabila kita efektifkan potensi dari penyelam-penyelam tersebut," tutupnya. (Asp)

Baca Juga

Lima Hari Cari Sriwijaya Air, Tim SAR Kumpulkan 139 Kantong Tubuh Korban

#Sriwijaya Air #Kecelakaan Pesawat
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan