Pospol Sabang Hancur Dibom Molotov, CCTV Mal Sarinah Raib Kondisi salah satu sudut Pusat Pertokoan Mal Sarinah, Jakarta Pusat, Kamis (23/5) dinihari. (Antara/Ricky Prayoga/2019)

MerahPutih.com - Sejumlah obyek vital rusak parah pascainsiden kerusuhan di Bawaslu, Jakarta Pusat. Pos Polisi Sabang yang jaraknya sekitar 200 meter dari jalan MH Thamrin habis terbakar karena dilempari bom molotov.

Dari pantauan di lokasi, Pospol tersebut diketahui dibakar massa pada Kamis (23/5) dini hari. Massa masuk melalui jalan Wahid Hasyim tepatnya di samping Djakarta Theater. Api membakar nyaris seluruh bangunan gedung seluas 7x5 meter tersebut.

asal usul bom molotov
Penggunaan bom molotov telah diatur oleh Undang-Undang (Foto: CNS NEWS)

Salah seorang warga bernama Ainul (32) mengatakan, massa secara membabi buta membakari seluruh bangunan pospol saat aksi berlangsung. "Jadi pas massa dipukul mundur polisi, mereka melakukan aksi pembakaran," kata Ainul ditemui di Pospol Sabang, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (23/5).

BACA JUGA: Mengulik Sejarah Singkat Asal Usul Bom Molotov

Ainul menceritakan, ketika itu massa yang berjumlah lebih dari sepuluh orang datang dan mencari-cari anggota Polisi yang bertugas. Sayangnya, pengamanan di gedung Pospol sama sekali tak maksimal.

"Akibatnya massa secara bar-bar membakar dengan menggunakan petasan dan korek api. Mungkin ada minyak tanah dan molotov juga," ungkap saksi mata perempuan itu.

sarinah
Kondisi salah satu sudut Pusat Pertokoan Sarinah, Jakarta Pusat, Kamis (23/5) dinihari. (Antara/Ricky Prayoga/2019)

BACA JUGA: Sarinah dan Mimpi Soekarno yang Tertunda

Kondisi pertokoan Sarinah juga mengalami beberapa kerusakan. Gedung perbelanjaan modern pertama yang diresmikan tahun 1946 oleh Presiden Soekarno itu memang sejak Rabu (22/5) pagi kemarin dalam keadaan tertutup dan tidak ada aktivitas hingga hari ini.

Dari pantauan di lokasi, beton konblok jalan di areal parkir Sarinah terlihat tercabut, tembok pondasi pertokoan dibobol, pot dipecahkan, bahkan pot permanen dan Kamera CCTV sudah tidak pada posisinya. (Knu)



Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH