Posko BPN di Solo Hanya 'Psywar', Tak Pengaruhi Elektabilitas Prabowo - Sandi Posko pemenangan Prabowo - Sandiaga di Solo. (Ist)

MerahPutih com - Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin menilai pendirian posko pemenangan Prabowo Subianto - Sandiaga Uno di Solo, Jawa Tengah hanya sebagai psywar atau perang urat syaraf.

"Saya rasa ini hanya psywar. Psikologis aja. Secara umum itu bagian dari strategi perang psikologis," kata Ujang saat dihubungi merahputih.com, Senin (14/1).

Diketahui, posko pemenangan Prabowo - Sandi di Solo berada di dekat kediaman pribadi Presiden Jokowi. Posko itu juga nyaris berhadapan dengan posko Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

"Seolah-olah ingin merangsek ke kandang 'banteng', di mana Jawa Tengah adalah basisnya," ujar pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia ini.

Ujang menilai, pendirian posko pemenangan di Solo tidak akan berpengaruh terhadap kemenangan Prabowo - Sandi. Menurutnya, kemenangan bergantung pada strategi yang digunakan untuk meraih simpati publik.

"Jadi poskonya mau di Jakarta, di Jawa Barat sebagai daerah pemilih terbanyak, mau di Jawa Tengah yang lumbung 'banteng', kalau strateginya tidak jitu, masih kalah oleh kubu 01 tentu tidak akan berdampak apa-apa," jelas dia.

Lebih lanjut Ujang menekankan, yang bisa mengatrol elektabilitas Prabowo - Sandi adalah kinerja buruk Jokowi. Pasalnya, lanjut dia, kubu oposisi bakal diuntungkan jika kinerja inkumben buruk dan tidak sesuai dengan harapan rakyat.

"Suara itu besar atau tidak bukan bergantung posko. Keuntungan dari oposisi adalah ketika kinerja inkumben jeblok. Selama kinerja inkumben bagus, ya, sulit untuk mengalahkan," pungkasnya.

Kantor pusat atau posko Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo - Sandi diresmikan oleh Ketua BPN Djoko Santoso di Solo, Jumat (11/1/2019). Tak tanggung-tanggung, jarak posko pemenangan pasangan capres nomor urut 02 itu dengan rumah pribadi Jokowi di Solo hanya sekitar 400 meter.

Posko BPN Prabowo - Sandi itu menempati sebuah ruko di Jalan Letjen Suprapto No 53 A, Sumber, Banjarsari, Solo.

Ruko tersebut merupakan milik seorang kader Gerindra, Agus Sahid. Kini bangunan ruko itu pun telah dipenuhi dengan berbagai atribut pasangan capres dan cawapres nomor urut 02. (Pon)


Tags Artikel Ini

Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH