Positif COVID-19, Presiden Brasil Jair Bolsonaro Merasa Sehat Jair Bolsonaro kerap meremehkan COVID-19. (Foto: Pexels/Markus Spiske)

PRESIDEN Brasil Jair Bolsonaro baru saja mengumumkan secara langsung di televisi ia positif terkena COVID-19.

"Tes yang datang positif," ungkap Bolsonaro kepada kumpulan reporter pada Selasa siang (7/7) di luar kediaman resminya.

Ia jarang menggunakan masker ketika social gathering. (Foto Euronews)
Ia jarang menggunakan masker ketika social gathering. (Foto Euronews)

Dilansir dari The Guardian, Bolsonaro (65) telah berulang kali meremehkan pandemi COVID-19 dan tidak memberlakukan social distancing. Bagi Bolsonaro, bahaya COVID-19 telah dibesar-besarkan oleh pihak media.

Bolsonaro baru merasakan gejala-gejala COVID-19 seperti letih, demam, dan nyeri otot setelah makan siang bersama duta besar AS Todd Chapman di Brasília pada Sabtu (4/7). Meski begitu, ia tetap merasa sehat. "Tidak ada alasan untuk takut, itulah kehidupan. Hidup terus berjalan," ungkap Bolsonaro.

Baca juga:

Tom Hanks dan Istri Pulang ke AS, Sudah Sembuh Dari Corona?

Tidak ada yang menggunakan masker ketika perayaan Kemerdeaan AS. (Foto twitter/ernestofaraujo)
Tidak ada yang menggunakan masker ketika perayaan Kemerdeaan AS. (Foto twitter/ernestofaraujo)

Baca juga:

5 Publik Figur Terkenal yang Positif Corona

Setelah mengumumkan positif COVID-19, Bolsonaro mundur beberapa langkah menjauhi para reporter, melepas masker dan berterima kasih kepada Tuhan karena memberikannya kesehatan. "Dan bagi mereka yang mengkritik aku, tidak masalah, tetaplah mengkritikku semaumu," tuturnya.

Laman The Verge melaporkan Bolsonaro menghadiri perayaan Hari Kemerdekaan Amerika Serikat bersama anggota kabinet terkemuka termasuk menteri luar negeri Ernesto Araújo, menteri pertahanan Fernando Azevedo, dan putranya sendiri yaitu Eduardo. Mereka terlihat tidak menggunakan masker pada acara tersebut.

Meski Brasil telah menjadi negara yang paling parah terjangkit COVID-19 setelah Amerika Serikat, toko-toko dan berbagai sektor bisnis lainnya masih tetap buka di kota-kota besar Brasil dan penggunaan masker tidak diharuskan.

Saat ini, ada lebih dari 1,6 juta kasus COVID-19 yang terkonfirmasi dan mengakibatkan lebih dari 65,000 kematian di Brasil. (shn)

Baca juga:

Cegah Corona dengan Mengonsumsi 5 Makanan Peningkat Sistem Imun Tubuh

Sumber : https://www.bbc.com/news/world-latin-america-53319517
Kredit : shenna

Tags Artikel Ini

Shenna