Posisi Jerawat Ceritakan Kondisi Kesehatan Kamu Posisi jerawat bisa memberi tahu tentang kesehatan kamu. (foto: Dermatologist specialist)

MASALAH jerawat pada kulit pastilah membuat siapa saja kurang percaya diri. Jerawat muncul disebabkan beberapa faktor, semisal ketidakseimbangan hormon, pori-pori tersumbat, dan minyak berlebih pada kulit.

Namun, di balik itu, ternyata benjolan kecil pada kulit ini bisa memberi tahu kamu kondisi tubuh. Hal itu terkait dengan tempat kemunculan jerawat. Seperti dilansir Indian Express, ternyata ada makna di balik posisi jerawat.

BACA JUGA:

Sehat dengan Susu Segar Sapi Jersey


1. Dahi

offal
Jerawat di dahi penanda pencernaan yang buruk. (foto: pixabay/elionas2)

Jerawat yang muncul di dahi disebabkan jaringan pencernaan kamu yang buruk. Solusi terbaik ialah kurangi kafein dan minuman olahan. Kamu juga perlu banyak air untuk mengeluarkan racun dari tubuhmu.

Selain konsumsi air, lakukan juga diet seimbang. Beristirahatlah yang cukup untuk menghalau jerawat di dahi.

2. Pipi

smile
Selain sistem pernapasan, jerawat di pipi mengindikasikan kebersihan gigi yang buruk. (foto: pixabay/giuliamar)

Kondisi sistem pernapasan merupakan hal yang diindikasikan oleh jerawat. Hal itu bisa disebabkan polusi. Oleh karena itu, kamu harus rajin membersihkan wajah. Pemurni udara bisa menjadi alternatif untuk menjaga kebersihan udara di rumahmu.

Selain mencerminkan kondisi sistem pernapasan, jerawat yang muncul di pipi bagian bawah juga terkait dengan kebersihan gigi yang buruk.

3. Dagu

food
Jika punya jerawat di dagu, segeralah ubah pola makanmu. (foto: pixabay/sponchia)

Apakah kamu punya koloni jerawat di dagu? Jika iya, itu jadi penandan kesehatan dan ketidakseimbangan hormon. Oleh karena itu, amat disarankan untuk berkonsultasi ke dokter.

Kamu juga haus beristirahat yang cukup. Perhatikan juga makanan yang kamu konsumsi, makanlah menu yang lebih sehat.


3. Zona-T

milk
Reaksi alergi menimbulkan jerawat di zona T. Hindari produk susu. (foto: pixabay/couleur)

Zona ini ada di area antara alis, hidung, dan dagu. Jerawat yang muncul di area ini sering menunjukkan ketidakseimbangan pencernaan atau alergi makanan.


Beberapa ahli menyarankan untuk mengurangi produk susu, junk food, dan daging merah. Gantilah dengan sayuran hijau.


4. Punggung, paha, dan lengan

soap
Gantilah produk sabun atau lotion jika ada jerawat di punggung, lengan, dan paha. (foto: pixabay/ritual)

Jangan salah, jerawat juga bisa muncul di bagian lain tubuh. Tak hanya wajah. Jerawat di punggung, lengan, dan paha sering disebabkan fluktuasi hormon dan atau genetika. Selain itu, keringat juga dapat menyebabkan jerawat ini.

Para ahli menyarankan agar kamu mengenakan pakaian yang tidak terlalu ketat. Selain itu, pilihlah gel mandi atau sabun dan lotion tubuh yang sesuai dengan jenis kulitmu.(*)


Tags Artikel Ini

Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH