Posisi Jack Ma Sebagai Orang Terkaya di Tiongkok Tergeser

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Sabtu, 10 Juli 2021
Posisi Jack Ma Sebagai Orang Terkaya di Tiongkok Tergeser
Posisi Jack Ma tergeser dari orang terkaya di Tiongkok (Foto: mainichi)

PADA Bloomberg Billionaires Index, daftar terbaru orang terkaya Tiongkok tak lagi dipuncaki oleh Jack Ma. Karena baru-baru ini posisi Jack Ma di daftar tersebut tersalip oleh sosok bernama Zeng Yuqun.

Zeng Yukung merupakan seorang pria berusia 53 tahun dengan kekayaan menembus USD49 miliar dan menjadi orang terkaya di Tiongkok.

Baca Juga:

Jack Ma Sumbang Satu Juta Masker dan 'Test Kit' Virus Corona Untuk AS

Zeng Yuqun menjadi orang terkaya di Tiongkok (foto: instagram @youthdaily0)

Zeng menyalip Jack Ma yang kini mulai jarang terlihat paska mengkritik sistem keuangan pemerintah Tiongkok. Untuk harta kekayaan Jack Ma di taksir sekitar USD48,1 miliar.

Zheng Yuqun merupakan pendiri perusahaan baterai mobil listrik terbesar di dunia, Contemporary Amperex Technology (CATL).

Selain itu, CATL juga merupakan pemasok baterai untuk perusahaan mobil listrik Tesla besutan Elon Musk. Tak ayal bila harga saham CATL terus meroket seperti halnya Tesla.

Seperti yang dilansir dari laman International Business Times, Zeng Yuqun dikabarkan sering bekromunikasi dengan Elon Musk, terkait perkembangan teknologi dan bisnis.

"Kami akrab dan dia (Elon Musk) merupakan pria yang menyenangkan," ujar Zeng soal sosok Elon Musk.

Di sisi lain, Hao Gao seorang pengamat dari Tsinghua University mengungkapkan, bahwa peringkat orang terkaya dahulu biasanya di dominasi oleh konglomerat pada sektor real estate dan teknologi, tapi kini lebih banyak dari sektor energi baru.

Mengenai perusahaan CATL, pada tahun 2020 dilaporkan pendapatan senilai USD 7,3 miliar. Sementara harga saham perusahaan itu sudah meroket 20 kali lipat, sejak melantai pada bursa saham Shenzhen di tahun 2017. Bahkan, tahun ini peningkatannya cukup fantastis, yaitu mencapai 59 persen.

Baca Juga:

Jeff Bezos Kembali Sabet Gelar Orang Terkaya di Dunia

Zeng Yuqun merupakan teman dekat dari Elon Musk (Foto: the times)

Tiongkok pun kian gencar mengembangkan industri kendaraan listrik. Bahkan Tiongkok menargetkan Negaranya mencapai tahap bebas emisi karbon di tahun 2060.

Sedikit informasi, Zeng dibesarkan di wilayah fujian serta memegang gelar doktor dari Chinese Academy of Sciences. Sebelum mendirikan perusahaan baterai CATL, Zeng bekerja pada perusahaan kapal milik negara.

Meski kurang dari 10 tahun sejak mendirikan CATL di tahun 2011, tapi Zeng mampu menjadikan perusahaan sebagai produsen baterai isi ulang untuk kendaraan yang terbesar di dunia.

Karena, CATL tidak hanya menjadi pemasok Tesla saja, CATL juga menjadi pemasok berbagai produsen mobil ternama seperti BMW, Volkswagen, hingga Geely. (Ryn)

Baca Juga:

Elon Musk Diancam Hacker Anonymous, Ada Apa?

#Elon Musk #Jack Ma
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan