Porsche dan Michelin Berkomitmen Untuk Bantu Petani Karet Indonesia

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Selasa, 19 Oktober 2021
Porsche dan Michelin Berkomitmen Untuk Bantu Petani Karet Indonesia
Porsche dan Michelin bantu petani karet Indonesia (Foto: pixabay/peggy_marco)

BRAND otomotif ternama Porsche dan Michelin, secara bersamaan akan berkomitmen pada ekstraksi keberlanjutan karet alam, agar mendapatkan hasil yang terbaik dan mendukung para petani karet Indonesia.

Mengenai hal tersebut, Barbara Frenkel selaku Anggota Dewa Eksekutif untuk pengadaan di Porsche AG, menjelaskan bahwa pihaknya telah mengambil pendekatan holistik yang berkelanjutan.

Baca Juga:

Mengemudi Mobil saat Musim Hujan, Persiapkan Hal-Hal Ini

"Rantai pasokan kami dan ekstraksi bahan baku, merupakan faktor penting. Kami bertanggung jawab atas dampak terhadap daerah ekstraksi karet di Indonesia," tutur Barbara, seperti yang dikutip dari laman Antara.

Porsche berkomitmen untuk membantu petani karet Indonesia (Foto: pixabay/kahlorr)

Lebih lanjut Barbara juga menjelaskan, bahwa pihaknya ingin meningkatkan kehidupan masyarakat lewat sejumlah proyek yang dilakukan di wilayah tersebut.

Selain itu, menurut Barbara, petani kecil merupakan jantung dari rantai pasokan karet alam yang berkelanjutan. Karena itu, pihaknya sangat mendukung para petani, untuk mencapai standar hidup yang layak, seraya mengikuti praktik lingkungan dan sosial yang baik.

Komitmen tersebut pun senada dengan transparansi serta kondisi kerja yang jauh lebih baik, dalam hal ekstrasi bahan baku yang ditunjukan pada proyek "CASCADE", tindakan berkomitmen untuk pengembangan kapasitas petani kecil.

Proyek "CASCADE" merupakan contoh komitmen Michelin pada rantai pasokan karet alam berkelanjutan, yang melindungi lingkungan serta meningkatkan mata pencaharian.

"Kami senang bisa bekerja sama dengan Porsche dalam proyek ambisius ini. Selama hampir 20 tahun, kami menikmati kemitraan yang erat dalam bisnis ban, yang kini juga kami kembangkan ke bidang keberlanjutan," ujar Senior Vice President, Chief Procurement Officer di Michelin, Helene Paul.

Baca Juga:

Tips Menghadapi Ban Mobil Selip di Jalan Licin

Dalam kemitraan tersebut, Porsche dan Michelin sangat mendukung para petani perkebunan kecil di Sumatera, Indonesia, dalam mengekstraksi karet.

Porsche dan Michelin sangat mendukung para petani perkebunan kecil di Sumatera, Indonesia, dalam mengekstraksi karet (Foto: pixabay/toby_parsons)

Kemudian, pendidikan dan pelatihan tentang praktik budidaya, keanekaragaman hati dan keselamatan kerja yang diberikan, bertujuan untuk mencapai perbaikan jangka panjang, dalam kondisi kehidupan serta ekonomi petani kecil.

Sebagai upaya mempercanggih, Porsche dan Michelin mengidentifikasi risiko pada keberlanjutan rantai pasokan ekstraksi karet. Dalam hal ini menggunakan aplikasi yang dikembangkan secara khusus, dan melakukan diskusi dengan pelaku pasar di wilayah tersebut.

Karet sendiri merupakan bahan baku yang digunakan untuk sejumlah produk industri. Seperti halnya pada industri otomotif. Porsche pun berkontribusi terhadap konsumsi karet global, lewat penggunaan karet pada ban dan sejumlah suku cadang mobil.

Sedikit informasi, "CASCADE" merupakan proyek dukungan pertama di dunia, yang dimulai pada tingkat terendah dari rantai pasokan karet alam. Skema tersebut nantinya akan membuat 1.000 petani kecil dilatih oleh mitra lokal, untuk membuat metode ekstraksi lebih ramah lingkungan serta efisien.

Dengan adanya proyek tersebut, tentunya dapat memberikan kontribusi yang besar pada perbaikan kondisi kehidupan petani kecil dan keluar mereka secara jangka panjang. (Ryn)

Baca Juga:

Tips Ampuh Bersihkan Jok Mobil Sesuai dengan Materialnya

#Porsche #Michelin
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan