Popart Jakarta Dorong Pentingnya IP dalam Ekonomi Kreatif

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Jumat, 03 Desember 2021
Popart Jakarta Dorong Pentingnya IP dalam Ekonomi Kreatif
Popart Jakarta segera digelar (Foto: Instagram @popartjakarta)

POPART Jakarta merupakan sebuah gelaran pameran untuk para kreator Intellectual Property (IP) menunjukan karya terbaik mereka, siap digelar mulai 4-19 Desember 2021 di Space8 Ashta, District8 SCBD, Jakarta.

Popart Jakarta mengusung tema "Celebration of Art and Creative Intellectual Property". Event ini merupakan hasil kerja sama Disparekraf DKI Jakarta dengan Katapel.id, yang akan menjadi panggung para kreator terpilih, untuk menunjukan karya mereka.

Baca Juga:

IHCDC 2021 Ciptakan SDM Berdaya Saing Tinggi

Selain itu, event tersebut juga bertujuan menjadi stimulus bagi masyarakat luas, agar lebih mengetahui IP-IP berkualitas Indonesia, yang bukan hanya untuk pasar dalam negeri, tapi juga untuk pasar internasional.

"Jakarta sebagai Kota Kolaborasi menyambut baik kegiatan ini dan akan mendukung terus pendorongan industri IP kreatif. Kami melihat banyak talenta dan potensi yang besar yang dimiliki para kreator IP," ujar Kepala Dinas Pariwisata & Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta Andhika Permata, seperti yang dikutip dari laman Antara.

Popart Jakarta akan diramaikan oleh sejumlah IP ternama Tanah Air (Foto: instagram @popartjakarta)

Lebih lanjut Andhika menambahkan, bahwa ini merupakan bentuk langkah konkrit dalam pendorongan ekonomi kreatif, khususnya di Jakarta.

Adapun tujuan lain gelaran ini, yakni anak-anak muda yang memiliki potensi dapat memantapkan diri, untuk terjun dan berkarya di industri ini. Selain itu, bisa mempromosikan karya-karya dari kreator-kreator IP, serta membuka potensi bisnis dengan sejumlah pihak.

Sejumlah IP yang turut serta dalam kegiatan ini, antara lain yakni Bumilangit yang diwakili Gundala sebagai salah satu karakternya. Kemudian, ada pula Damn! I Love Indonesia, Dalang Pelo, Dudu, Gajelas, Gugug!, Persija Juara, Komik Faktap, Mice Cartoon, Milk Mocha Bear, Satria Dewa Gatotkaca, Show The Monster, Si Juki, Soulcops, Tahilalats, Vernalta, dan Yang Terdalam (YTD).

Nantinya, para pengunjung Popart Jakarta, akan disuguhkan beragam konsep instalasi seni dari 17 karya. Pengunjung bisa berinteraksi dan berfoto serta merasakan pengalaman menarik lainnya.

Akan hadir instalasi Gundala di Popart Jakarta (Foto: well go usa)

Karena, instalasi Gundala, IP dari Bumilangit akan hadir dalam nuansa film Gundala. Selain itu, ada pula Tahilalats, IP yang berangkat dari komik strip digital.

Menurut Director Katapel.id Robby Wahyudi, kegiatan Popart Jakarta bisa diterapkan di setiap kota. "Agar industri IP Indonesia bisa tumbuh secara merata dan menarik banyak minat para calon kreator-kreator IP masa depan untuk sedari dini menekuni secara serius, baik itu ilustrator, komikus, penulis, dan insan kreatif lainnya," ujarnya.

Sedikit informasi, Popart Jakarta merupakan perpanjangan dari program Katapel.id dalam pendorongan komersialisasi kekayaan intelektual Indonesia. Dengan hadirnya Popart Jakarta, diharapkan dapat mempercepat terciptanya ekosistem industri IP Kreatif. Hal tersebut agar Indonesia bisa bersaing dengan IP internasional. (Ryn)

Baca Juga:

Livin' Jakarta Coffee Week 2021 Siap Digelar Luring

#Hak Kekayaan Intelektual #Parekraf
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan