Ponsel Pintar Masa Depan akan Dilengkapi Pendeteksi COVID-19 Ponsel Pintar masa depan akan dilengkapi dengan pendeteksi COVID-19(foto: pixabay/pexels)

SEIRING berjalannya waktu, teknologi kian berkembang pesat, tak terkecuali teknologi kesehatan. Seperti halnya saat ini banyak jam tangan pintar yang sudah dilengkapi dengan teknologi sensor detak jantung, sensor oksigen dalam darah, serta monitor EKG untuk mengukur hingga mereka aktivitas listrik jantung.

Teknologi tersebut juga memungkinkan juga bisa hadir pada ponsel pintar, seperti halnya sebuah fitur sensor yang bisa mendeteksi virus COVID-19.

Baca Juga:

Hati-Hati, Jangan Sembarangan Beri Akses Mikrofon dan Kamera Ponsel

para peneliti akan mengembangkan sebuah teknologi sensor untuk disematkan pada ponsel pintar, yang nantinya dapat digunakan untuk mendeteksi COVID-19 (Foto: pixabay/foundry)

Dilansir dari laman Ubergizmo, para peneliti di General Electric baru saja menemukan hibah dari National Institute of Health. General Electric akan mengembangkan sebuah teknologi sensor untuk disematkan pada ponsel pintar, yang nantinya dapat digunakan untuk mendeteksi COVID-19.

Tim peneliti menyebutkan, bahwa mereka mengklaim sensor yang mereka miliki, memiliki kemampuan mendeteksi seperti instrumen analitik yang lebih besar, yang ada di laboratorium.

Selain itu, peneliti juga mengklaim, bahwa sensor buatan mereka cukup sensitif, hingga mampu mengisolasi partikel virus, tanpa gangguan dari elemen lainnya.

Tapi sayangnya teknologi tersebut, terbilang masih jauh pengaplikasiannya. Karena membutuhkan waktu beberapa tahun ke depan untuk menyempurnakan serta meningkatkan teknologi. Meski begitu, belum tentu para produsen ponsel pintar akan mengadopsi teknologi tersebut.

Baca Juga:

Prediksi Kondisi Pandemi COVID-19 di Indonesia Menurut Pakar Feng Shui

Walaupun begitu, teknologi tersebut menunjukan bahwa ponsel masa depan nantinya bisa memberikan peringatan tentang keberadaan virus berbahaya di udara.

onsel masa depan nantinya bisa memberikan peringatan tentang keberadaan virus berbahaya di udara (Foto: pixabay/freakwave)

Terkait pendeteksi COVID-19, sebelumnya peneliti MIT juga telah mengembangkan teknologi Artificial Intelligence (AI) yang bisa mengenali batuk dari orang yang mengidap COVID-19, meski mereka tidak menunjukan gejala.

Triknya adalah dengan mengembangkan banyak jaringan saraf, yang bisa membedakan perubahan halus yang mengindikasikan efek virus Corona.

Satu jaringan saraf mendeteksi suara yang terkait dengan kekuatan vokal. Sementara yang lain mendengarkan keadaan emosional yang mencerminkan penurunan neurologis, seperti meningkatnya frustasi atau 'pengaruh datar'.

Sementara itu, jaringan ketiga untuk mengukur perubahan kinerja pernapasan. Lalu AI tersebut menggunakan algoritma yang memeriksa degradasi otot (batuk yang lebih lemah) dan algoritma itu memberikan gambaran yang lebih lengkap tentang kesehatan seseorang.

AI dikabarkan sangat akurat dalam pengujian awal, usai tim melatih modelnya pada puluhan ribu sampel batuk dan dialog, teknologi tersebut mengenali 98,5 persen batuk dari orang dengan kasus COVID-19 yang dikonfirmasi. (Ryn)

Baca Juga:

Perusahaan ini Akan Luncurkan Alat Tes Swab Antigen Lewat Ponsel Pintar

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Terjatuh di dalam Mimpi Hingga Terbangun? Ini Artinya
Fun
Terjatuh di dalam Mimpi Hingga Terbangun? Ini Artinya

Beberapa arti mimpi jatuh yang mungkin pernah kamu rasakan.

Daging Asap Nikmat dari Ramuasap
Kuliner
Daging Asap Nikmat dari Ramuasap

Daging asap di Ramuasap diolah melalui proses slow cooking.

Game RPG Harry Potter Tunda Rilis hingga 2022
Fun
Game RPG Harry Potter Tunda Rilis hingga 2022

Penundaan permainan itu diumumkan melalui sebuah pernyataan yang dicuitkan di akun Twitter

Cara Atasi Sepeda Motor Terendam Air
Fun
Cara Atasi Sepeda Motor Terendam Air

Banjir menyisakan pekerjaan untuk bersih-bersih.

Tips Rawat Kolam Bagi Pecinta Ikan Hias
Fun
Tips Rawat Kolam Bagi Pecinta Ikan Hias

Wajib dilakukan secara konsisten.

Studi: Generasi Z Cendrung Lebih Menjaga Privasi
Hiburan & Gaya Hidup
Studi: Generasi Z Cendrung Lebih Menjaga Privasi

Berdasarkan survei dari platform video Snapchat, Generasi Z dikabarkan lebih memahami serta menjaga soal privasi dibanding generasi lainnya

 Al Gusto Italian Dining & Bar  Sambut Kembali Pelanggan dengan Konsep Baru
Fun
Al Gusto Italian Dining & Bar Sambut Kembali Pelanggan dengan Konsep Baru

Restoran Italia yang menyajikan menu lezat di JHL Solitaire.

Kim Soo-hyun, si Bintang Serbabisa
ShowBiz
Kim Soo-hyun, si Bintang Serbabisa

Selama berkarier di industi hiburan Korea Selatan, Soo-hyun buktikan bahwa ia adalah salah satu bintang yang serba bisa.

Pertumbuhan Pengguna Clubhouse Menurun Drastis, Ada Apa?
Fun
Pertumbuhan Pengguna Clubhouse Menurun Drastis, Ada Apa?

Pada bulan April 2021, pertumbuhan pengguna Clubhouse menurun drastis hingga mencapai penurunan lebih dari 66%

Jangan Biarkan Gigi Berlubang di Tengah Pandemi
Fun
Jangan Biarkan Gigi Berlubang di Tengah Pandemi

Padahal untuk kasus tertentu, harus ada penanganan dokter agar masalah terselesaikan, misalnya gigi berlubang.