Ponsel Pintar Bisa Pantau Kadar Alkohol yang Dikonsumsi Orang Ponsel dapat memantau tingkat kesadaran menurun karena lakohol. (Foto: Pixabay/kaicho20)

PONSEL pintar tak hanya berguna untuk browsing saja. Para peneliti melakukan studi tentang manfaat ponsel pintar agar orang berhenti minum alkohol.

Penelitian yang diterbitkan di Journal of Studies on Alcohol and Drugs itu melibatkan 22 orang dewasa dengan usia antara 21 hingga 43 tahun. Mereka diminta meminum vodka yang dicampur dengan minuman lain untuk menghasilkan konsentrasi alkohol sebesar 0,002 persen dalam satu jam.

Baca juga:

Keliru, Minum Alkohol Justru Membuat Orang Sulit Tertidur

1
Menguji orang dewasa berumur 21 sampai 43 tahun. (Foto: Unsplash/thom masat)

Setelah itu, para peserta meletakkan ponsel pintar di bagian bawah punggung dan berjalan dalam garis lurus dengan total 20 langkah, dan berbalik setelah menyelesaikan sepuluh langkah pertama.

Interesting Engineering menuliskan perangkat yang ditempatkan di posisi itu mengukur kecepatan dan gerakan mereka saat mereka berjalan. Hasilnya, ponsel pintar memungkinkan para peneliti mendeteksi perubahan cara mereka berjalan ketika konsentrasi alkohol melebihi 0,0008 persen.

Baca juga:

Makanan dan Minuman yang Perlu Kamu Hindari Setelah Mabuk Alkohol

2
Perangkat mengukur kecepatan dan gerakan saat mereka berjalan. (Foto: Unsplash/Rodion Kutsaev)

Brian Suffoletto, yang mengepalai penelitian ini, mengatakan bahwa dia kehilangan teman dekatnya karena kecelakaan mobil dalam pengaruh alkohol. Hal ini membuatnya tergerak untuk melakukan studi kaitan alkohol dan ponsel pintar tersebut.

"Selama 10 tahun terakhir saya menguji intervensi digital untuk mencegah kematian dan cedera yang terkait dengan konsumsi alkohol berlebihan," ungkapnya. (lgi)

Baca juga:

Berhenti Minum Alkohol Bisa Membuatmu Beli Ponsel Baru

Kredit : leonard


Leonard

LAINNYA DARI MERAH PUTIH