Kecantikan

Ponsel Dapat Merusak Wajah?

P Suryo RP Suryo R - Minggu, 27 Mei 2018
Ponsel Dapat Merusak Wajah?
Hati-hati ponsel bisa jadi penyebab jerawat. (Foto: canva)

WAJAHMU berjerawat? Periksalah kebersihan layar telepon genggammu. Selama ini kita berpikir penyebab jerawat adalah ketidakseimbangan hormon, asupan makanan, malas mencuci wajah, debu dan polusi. Eits tunggu dulu! Fakta baru kini terungkap. Para ahli kecantikan telah menemukan fakta baru yakni jerawat disebabkan oleh ponsel.

Ponsel mengandung bakteri sepuluh kali lebih banyak daripada tempat duduk toilet. Ketika kita mengangkat telpon dan meletakkan telepon genggam di pipi, bakteri tersebut akan bercampur dengan keringat, minyak wajah, atau residu makeup. Menelepon dengan ponsel pun berpotensi menyebabkan jerawat.

Menurut Direktur Penelitian Kosmetik dan Klinis di Bidang Dermatologi di Mount Sinai Hospital, New York, Joshua Zeichner pada tingkat dasar jerawat disebabkan oleh faktor genetika. Namun telepon genggam yang kotor dan terus menerus menempel di kulit juga dapat menyebabkan jerawat.

ponsel
Rawatlah ponsel kamu. (Foto: Pexels/bruce mars)

“Ketika ponsel ditempelkan ke wajah, minyak, kotoran dan riasan wajah akan terakumulasi di ponsel. Saat ponsel tersebut kembali diletakkan ke pipi kita, seluruh kotoran tersebut akan ditransfer kembali ke wajah kita,” paparnya. Akibatnya, pori-pori kita tersumbat oleh kotoran. Pori-pori yang tersumbat menyebabkan minyak alami pada kulit tidak dapat mengalir dengan bebas dan kulit kita mengalami peradangan.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Dokter Kulit, Bedah Kosmetik yang berbasis di New York, Estee Williams. Segala macam residu yang menempel di telepon genggam akan menyumbat pori-pori pemicu munculnya jerawat. “Bukan hanya bakterinya yang menyebabkan jerawat tetapi juga berbagai kotoran di telepon,” tutur Williams.

Perhatikan jerawat di wajahmu. Apabila jerawat hanya muncul di salah satu sisi wajah, pikirkan kembali kebiasaanmu dalam menggunakan ponsel. Untuk mencegah kotoran mengumpul di ponsel, Williams dan Zeichner merekomendasikan membersihkan ponsel secara teratur dengan alkohol. Itu dilakukan untuk menghindari kotoran dan minyak yang dapat menyumbat pori-pori.

ponsel
Jangan biarkan kotoran di ponsel menyumbat pori-pori wajah. (Foto: tipscrew)

Bagi kalian yang rentan berjerawat, Zeichner menekankan pentingnya membersihkan kulit dengan produk wajah yang tepat. Penggunaan earpiece bluetooth juga penting dilakukan supaya menghindari ponsel menyentuh wajah kita.

Namun rupanya, penggunaan ponsel tak hanya menyebabkan jerawat loh. Menurut informasi yang dilansir dari The Guardian, sebuah studi yang dilakukan pada 2013 menunjukkan cahaya biru pada ponsel pintar kita memiliki efek yang sama seperti UVA dan UVB pada kulit. Cahaya berenergi tinggi pada ponsel membuat kulit beresiko mengalami penuaan dini. Sayangnya, dokter kulit belum menemukan langkah yang tepat untuk menghindari resiko penuaan dini ini.

Demi kesehatan dan kecantikan kulit, gunakan ponsel pintarmu secara pintar! (avia)

#Ponsel #Wajah #Minyak #Kecantikan
Bagikan
Ditulis Oleh

Iftinavia Pradinantia

I am the master of my fate and the captain of my soul
Bagikan