Polri Usut Oknum Aparat Diduga Intimidasi Wartawan Dekat Rumah Irjen Ferdy Sambo

Mula AkmalMula Akmal - Jumat, 15 Juli 2022
Polri Usut Oknum Aparat Diduga Intimidasi Wartawan Dekat Rumah Irjen Ferdy Sambo
Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Dedi Prasetyo. ANTARA/Laily Rahmawaty/am.

MerahPutih.com- Polri menangkap oknum polisi yang diduga mengintimidasi dua wartawan online saat meliput di rumah Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo di Kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo menyatakan, oknum yang melakukan intimidasi tersebut nantinya bakal langsung ditindak oleh Biro Provos Divisi Propam Polri.

Baca Juga:

Momen Haru Kapolda Metro Jaya Beri Dukungan pada Irjen Ferdy Sambo

"Anggota yang melakukan intimidasi kepada teman-teman jurnalis yang melakukan tugas-tugas jurnalistik sudah diketemukan dan akan ditindak tegas oleh Karo Provos," kata Dedi kepada wartawan di Gedung Humas Polri, Jakarta Selatan, Jumat (15/7).

Dedi pun telah mengadakan pertemuan dan komunikasi dengan pihak perusahaan media yang wartawannya menjadi korban intimidasi.

Menurut Dedi, seharusnya anggota polisi di lapangan mengetahui bahwa kerja jurnalis dilindungi oleh Undang-undang sehingga tak boleh diintervensi.

Ia pun meminta kepada seluruh jajaran Propam Polri untuk menindak tegas apabila masih ada polisi yang mengintimidasi wartawan.

Baca Juga:

Mahfud Sebut Kasus Penembakan di Rumah Irjen Ferdy Sambo Banyak Kejanggalan

Di lain sisi, Dedi juga akan merancang arahan atau direksi kepada jajaran polisi agar mengetahui dasar-dasar kerja wartawan di lapangan saat meliput suatu peristiwa.

"Kami sudah punya pengalaman, bagaimana kami berkomunikasi dengan teman-teman media," papar Dedi.

Sekedar informasi, intimidasi berawal saat dua jurnalis itu mewawancarai petugas kebersihan di sekitar Kompleks Polri Duren Tiga,.

Mereka lalu memeriksa hp, menghapus sejumlah foto, video, dan hasil wawancara. Mereka juga memeriksa seisi tas kedua jurnalis itu.

Sejumlah dokumen yang dihapus tersebut merupakan hasil peliputan kasus baku tembak antara dua ajudan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo di sekitar kediaman yang bersangkutan. (Knu)

Baca Juga:

Tim Khusus Kapolri untuk Bongkar Penembakan di Rumah Irjen Ferdy Sambo Mulai Bergerak

#Polisi #Wartawan
Bagikan
Bagikan