Polri Siapkan Operasi Aman Nusa II Bersiaga Hadapi Bencana di 2023

Mula AkmalMula Akmal - Selasa, 10 Januari 2023
Polri Siapkan Operasi Aman Nusa II Bersiaga Hadapi Bencana di 2023
Bencana longsor. (ANTARA FOTO/Anis Efizudin)

MerahPutih.com- Ancaman bencana alam berpotensi datang setiap waktu. Seperti cuaca ekstrem hingga gempa yang belakangan ini hampir setiap hari terjadi.

Untuk mengantisipasi hal itu, Mabes Polri menyiapkan Operasi Aman Nusa II khusus menghadapi terjadinya bencana alam dan nonalam pada 2023 ini.

Baca Juga:

3.531 Bencana Alam Terjadi Sepanjang Tahun 2022, Terbanyak Banjir

Asisten Operasi (Asops) Kapolri Irjen Agung Setya Imam Effendi mengatakan, operasi berjalan selama satu tahun. Operasi akan dilakukan apabila terjadi bencana.

"Karena sifatnya kontijensi yang datang mendadak, maka Operasi Aman Nusa II Polri dilaksanakan secara otomatis bila terjadi bencana," kata Agung saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (10/1).

Di sejumlah daerah yang mengalami bencana alam, jajaran Polri di wilayah terdampak secara otomatis telah memberlakukan Operasi Aman Nusa II.

Menurut Agung, lingkup Operasi Aman Nusa II bersifat nasional yang dilaksanakan oleh Mabes Polri dan lingkup kewilayahan yang dilaksanakan oleh polda dan polres.

Baca Juga:

BPBD DKI Catat Ada 1.409 Peristiwa Bencana di DKI Selama 2022

Polri telah siaga untuk menghadapi bencana yang apabila nantinya terjadi. Kesiapsiagaan itu dilakukan karena bagian dari polda pengaturan dalam menghadapi bencana yang harus segera ditangani.

"Mengapa Polri harus siaga, karena hal itu bagian dark pola pengaturan dalam hadapi bencana yang harus segera ditangani oleh satuan-satuan yang ada, baik Polri dan TNI serta stakeholder pemerintah yg lain maupun dapat melibatkan masyarakat," ucapnya.

Berdasarkan catatan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), hingga Senin (9/1) telah terjadi 41 bencana, yang terdiri atas bencana banjir dan cuaca ekstrem di Jawa hingga Indonesia bagian timur. (Knu)

Baca Juga:

Polri Siagakan Satgas Kontijensi Hadapi Bencana Ekstrem

#Kampung Siaga Bencana #Bencana Alam #Mabes Polri
Bagikan
Bagikan