Polri Siagakan 160.916 Personel Amankan Puncak Arus Balik Libur Panjang

Andika PratamaAndika Pratama - Jumat, 30 Oktober 2020
Polri Siagakan 160.916 Personel Amankan Puncak Arus Balik Libur Panjang
Ilustrasi - Arus lalulintas di jalan Tol Jakarta-Cikampek. (ANTARA/Ali Khumaini/dok)

MerahPutih.com - Arus balik libur panjang peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW diprediksi akan terjadi pada Sabtu (31/10) dan Minggu (1/11)

"Antisipasi arus balik diprediksi akan terjadi hari Sabtu-Minggu," kata Kabagops Korlantas Polri, Kombes Rudi Antariksawan melalui keterangan tertulis kepada wartawan, Jumat (30/10).

Korlantas Polri terus melakukan patroli pengamanan arus mudik dan arus balik libur panjang. Setibanya di Pos Pengamanan Gerbang Tol Palimanan, Rudi langsung berkoordinasi dengan jajaran wilayah guna mempersiapkan antisipasi pengamanan arus balik.

Baca Juga

Sabtu-Minggu Jadi Puncak Arus Balik Libur Panjang

Rudi juga memantau kondisi arus lalu lintas terutama pada jalur rawan macet melalui CCTV di pos pengamanan. Selain itu, Kabagops Korlantas Polri itu pun memastikan kondisi kesehatan personel yang bertugas di lapangan.

Berdasarkan pantauan H+3 libur panjang, arus kendaraan yang melintasi GT Palimanan terpantau ramai lancar. Tidak ada kepadatan arus kendaraan yang signifikan.

"Untuk situasi arus lalu lintas dua arah sudah mulai menurun, karena telah memasuki hari ketiga," katanya.

Usai dari GT Palimanan, Kabagops kembali menyusuri ruas tol hingga rest area untuk secara langsung memastikan kenyamanan dan kelancaran arus kendaraan bagi masyarakat yang melakukan perjalanan liburan.

Kabagops Korlantas Polri Kombes Pol Rudi Antariksawan (tengah) saat memantau arus mudik liburan panjang di Pos Pengamanan Gerbang Tol Palimanan, Jawa Barat, Kamis (29/10/2020). (ANTARA/HO-NTMC Polri)
Kabagops Korlantas Polri Kombes Pol Rudi Antariksawan (tengah) saat memantau arus mudik liburan panjang di Pos Pengamanan Gerbang Tol Palimanan, Jawa Barat, Kamis (29/10/2020). (ANTARA/HO-NTMC Polri)

Kepala Bagian Penerangan Umum Polri Kombes Ahmad Ramadhan mengatakan, selain telah menyiapkan langkah-langkah antisipasi mencegah terjadinya kepadatan lalu lintas, pengamanan juga dilkaukan sebagai upaya pencegahan COVID-19.

Kendaraan pemudik memadati jalur tol Palikanci, Tegalkarang, Cirebon, Jawa Barat, Minggu (9/6). Pada puncak balik H+4 Lebaran 2019, jalur tol Palimanan-Kanci (Palikanci) mengalami peningkatan volume kendaraan pemudik menuju Jakarta.

Menurut Ahmad, dalam penanganan kali ini Korlantas Polri akan menyiagakan 160.916 personel aparat gabungan yang difungsikan untuk mengamankan libur panjang. Aparat tersebut terdiri dari 94.170 Polri, 24.448 TNI, dan 42.298 unsur terkait lainnya.

Korlantas Polri telah menyiapkan rencana pengamanan dalam kegiatan Kamseltibcarlantas dan memutus mata rantai penyebaran COVID-19. Selain itu, Polri juga melaksanakan rapat lintas instansi dengan lembaga dan departemen terkait.

Baca Juga

Libur Panjang, Ragunan Cuma Terima 2000 Wisatawan Per Hari

"Ini dalam rangka antisipasi adanya pemudik ataupun masyarakat yang memanfaatkan hari libur panjang ini untuk berekreasi, atau berbelanja," ucap Ahmad. (Knu)

#Breaking #Korlantas #Libur Panjang
Bagikan
Bagikan