Polri Siaga Jelang Bebasnya Abu Bakar Ba'asyir

Andika PratamaAndika Pratama - Selasa, 05 Januari 2021
Polri Siaga Jelang Bebasnya Abu Bakar Ba'asyir
Abu Bakar Ba'asyir ketika bertemu Yusril Ihza Mahendra. (Foto: ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

MerahPutih.com - Mabes Polri bersiaga menjelang bebasnya narapidana teroris Abu Bakar Ba'asyir pada Jumat (8/1) mendatang.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri, Brigjen Rusdi Hartono mengatakan, hal tersebut merupakan strategi untuk tidak memandang remeh suatu peristiwa dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Baca Juga

Ba'asyir Bebas Pekan Ini, Keluarga Berangkat ke Bogor

"Sekali lagi Polri tak under estimate, segala sesuatunya dipersiapkan secara matang," ujar Rusdi kepada wartawan, Selasa (5/1)

Polri nantinya juga akan mengawasi pergerakannya. Rusdi Hartono menjelaskan, hal itu dilakukan untuk mencegah sekecil apapun kemungkinan-kemungkinan yang dapat terjadi di luar perkiraan.

"Situasi apapun akan dinilai diidentifikasi diprediksi hal-hal mungkin muncul setelah muncul disiapkan cara tindak tepat, termasuk menjelang bebas ABB," kata Rusdi.

ba'asyir
Yusril menyambangi ustaz Abu Bakar Ba'asyir di Lembaga Permasyarakatan (LP) Teroris Gunung Sindur, Bogor. Foto: ist

Selain itu, kata Rusdi, Polri bakal melibatkan diri pada program deradikalisasi dengan melibatkan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) terhadap narapidana Abu Bakar Ba'asyir.

"Iya, Polri nanti juga akan terlibat di dalam program deradikalisasi itu," sambungnya

Sekedar informasi, terpidana kasus terorisme Abu Bakar Ba'asyir dipastikan bebas murni seusai menjalani 15 tahun penjara. Ba'asyir akan bebas dari Lapas Gunung Sindur pada pekan ini atau Jumat 8 Januari 2021.

"Jadi, menyangkut pembebasan ABB memang direncanakan tanggal 8 Januari 2021, hari Jumat," kata Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM) Jawa Barat Imam Suyudi saat ditemui di Kantor Kemenkum HAM Jabar, Jalan Jakarta, Kota Bandung, Senin (4/1). (Knu)

Baca Juga

Polda Jateng Ingatkan Penjemputan Ba'asyir Tidak Timbulkan Kerumunan

#Abu Bakar Ba’asyir #Mabes Polri
Bagikan
Bagikan