Polri Sebut Kontak Tembak dengan KKB untuk Melindungi Diri, Bukan Memerangi

Andika PratamaAndika Pratama - Jumat, 17 Desember 2021
Polri Sebut Kontak Tembak dengan KKB untuk Melindungi Diri, Bukan Memerangi
Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Divisi Humas Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan. ANTARA/Laily Rahmawaty.

MerahPutih.com - Dalam dua hari berturut-turut terjadi kontak tembak antara anggota Polri dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua.

Pertama pada 13 Desember, KKB menembaki Pos Brimob di Distrik Serambakon, Kabupatan Pengunungan Bintang. Kemudian, keesokannya dilanjutkan dengan aksi pembakaran Gedung SMPN di Distrik Serambakon yang memicu kontak tembak antara aparat kepolisian dan KKB.

Baca Juga

Satgas Nemangkawi Lumpuhkan Satu Anggota KKB dalam Baku Tembak

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Polri, Kombes Ahmad Ramadhan mengatakan rentetan kontak tembak karena aparat kepolisian diserang terlebih dulu.

"Kontak senjata itu terjadi karena aparat kepolisian diserang, tentu terjadinya kontak tembak ini karena situasi yang dialami disana oleh aparat kita," ujar Ramadhan kepada wartawan, Jumat (17/12).

MP Negeri Serambakom, Kabupaten Pegunungan Bintang yang dibakar KKB. (ANTARA/HO/Polres Pegunungan Bintang)
SMP Negeri Serambakom, Kabupaten Pegunungan Bintang yang dibakar KKB. (ANTARA/HO/Polres Pegunungan Bintang)

Ia menuturkan anggota Polri yang bertugas di wilayah Bumi Cendrawasih bukan untuk memerangi kelompok teroris Papua. Namun demikian, jika terjadi serangan yang dilakukan KKB maka kepolisian perlu untuk melindungi diri.

"Kontak tembak itu merupakan wujud perlindungan diri. Jadi bukan untuk menyerang, anggota kami ini tidak menyerang," terangnya.

Nantinya, para anggota KKB di Papua yang diamankan akan diproses secara hukum sesuai dengan tindak pidana yang dilakukan. Bukan dengan menghukum melalui kontak senjata.

"Prosesnya tentu sesuai dengan perbuatan atau tindak pidana yang dilakukan ya, jadi bukan diperangi," jelas Ramadhan. (Knu)

Baca Juga

Satgas Nemangkawi Tangkap Penjual Amunisi ke KKB

#Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) #Polri #Teroris #Ancaman Teroris
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan