Polri Sebut Impor Senjata Sudah Konfirmasi Bais

Luhung SaptoLuhung Sapto - Sabtu, 30 September 2017
Polri Sebut Impor Senjata Sudah Konfirmasi Bais
Kepala Korps Brimob Polri Irjen Murad Ismail. (ANTARA/Wahyu Putro A)

MerahPutih.com - Ratusan senjata dan ribuan amunisi impor yang berada di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang diakui milik Polri. Pihak Polri menyatakan sudah mengkonfirmasi impor senjata tersebut kepada Badan Intelijen Strategis (Bais) TNI.

"Apa yang kami impor telah sesuai dengan manifes. Saya yang tanda tangani dan ditujukan kepada Bais TNI," kata Kepala Korps Brimob Polri Irjen Murad Ismail dalam jumpa pers di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jaksel, Sabtu (30/9).

Murad merinci jumlah senjata yang diimpor adalah 280 pelontar granat jenis Arsenal Stand Alone Grenade Launcher (SAGL) kaliber 40x46 mm dan 5.932 butir amunisi granat.

Senjata-senjata tersebut masuk ke Bandara Soetta pada Jumat (29/9) malam dan kini masih disimpan di Gudang Kargo Bandara Soetta.

Sebelumnya, Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto menyatakan ratusan senjata berat yang tertahan di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten memang didatangkan untuk Korps Brimob. Dijelaskan, pengadaan dilakukan proses anggaran yang sah dan melalui perijinan TNI.

"Barang yang ada dalam Bandara Soetta yang dinyatakan dimaksud rekan-rekan senjata adalah betul milik Polri dan barang yang sah," ungkap Irjen Setyo Wasisto.

Informasi yang dihimpun, selain impor senjata api, juga terdapat amunisi sebanyak 5.000 butir untuk Korps Brimob Polri dilakukan oleh PT Mustika Duta Mas (MDM). Diduga senjata berikut aminusi ini didatangkan dari Rusia.

Kargo yang memuat senjata itu tiba di Bandara Soekarno-Hatta dengan menggunakan pesawat maskapai Ukraine Air Alliance dengan nomor penerbangan UKL 4024, pada Jumat (29/9) pukul 23.30 WIB.

Kargo itu terdiri dari dua item berupa, pertama, sebanyak 280 pucuk senjata Stand Alone Grenade Launcher (SAGL) kaliber 40 x 46mm. Senjata itu dikemas dalam 28 kotak (10 pucuk/kotak), dengan berat total 2.212 kg.

Kedua, amunisi RLV-HEFJ kaliber 40x 46mm, yang dikemas dalam 70 boks (84 butir/boks) dan 1 boks (52 butir). Totalnya mencapai 5.932 butir (71 boks) dengan berat 2.829 kg. (*)

Sumber: ANTARA

#Senjata Api #Mabes Polri
Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan