Polri Petakan Benny Wenda Berada di London Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Dedi Prasetyo. Foto: Humas Polri

MerahPutih.com - Mabes Polri berhasil memetakan keberadaan Benny Wenda, tokoh yang diduga sebagai provokator kerusuhan di Provinsi Papua dan Papua Barat.

"Dia kan di London," kata Karopenmas Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo, kepada wartawan di Jakarta, Selasa (3/9).

Baca Juga:

Benny Wenda Tuding Indonesia Perlakukan Papua Seperti Timor Leste

Dedi memastikan Benny bakal langsung ditangkap jika menginjakkan kaki di Indonesia. Menurut dia, Benny kerap menyebarkan informasi palsu dan fitnah tentang Papua dari luar negeri.

benny
Benny Wenda. (Foto/westpapua01.blogspot.com)

Petinggi Polri itu menjelaskan Benny sering menyebut Pemerintah Indonesia menelantarkan Papua dan Papua Barat yang dibagikan lewat media sosial Twitter. Bahkan, kata dia, Benny meminta Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) membantu kemerdekaan Papua.

Menurut Dedi, terdapat 52 ribu konten hoaks soal kerusuhan di Papua dan Papua Barat yang tak hanya disebarkan Benny. Namun, dia enggan menyebutkan identitas penyebar hoaks Papua dari luar negeri dan hanya memastikan sudah ada 2 ribu akun yang diblokir

"Yang belum tertangkap (pelakunya) dan diblokir ada creator tiga akun, buzzer layer satu tiga akun, buzzer layer dua 34 (akun)," tutup jenderal polisi bintang satu itu.

Baca Juga:

Pakar Intelijen Ungkap Ada Dua Kelompok Asing yang Ingin Papua Merdeka

Untuk diketahui, Benny Wendadiduga diduga terlibat dan menjadi bagian konspirasi yang memicu kerusuhan di Papua beberapa waktu lalu. Polisi menyebut keterlibatan Benny berkaitan dengan provokasi di media sosial.

Benny juga disebut turut menyebarkan berita-berita hoaks terkait Papua ke dunia internasional. Dedi mengatakan sasaran Benny mencakup negara-negara di kawasan Eropa hingga kawasan Samudra Pasifik. (Knu)

Baca Juga:

Benny Wenda Disebut Sebagai Aktivis yang Dilindungi Asing


Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH