Polri Pantau Empat Kabupaten di Papua Terkait Ancaman KKB

Andika PratamaAndika Pratama - Kamis, 27 Mei 2021
Polri Pantau Empat Kabupaten di Papua Terkait Ancaman KKB
Barang bukti di markas KKB di Kampung Wuloni, Papua, Kamis (12-5-2021). ANTARA/HO-Satgas Nemangkawi

MerahPutih.com - Polri memberikan atensi khusus kepada empat kabupaten di Papua terkait ancaman Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Keempat kabupaten itu adalah Kabupaten Intan Jaya, Mimika, Puncak, dan Nduga yang mengalami eskalasi ancaman keamanan oleh KKB akhir-akhir ini.

Baca Juga

Polri Pastikan Densus 88 Siap Tempur Hadapi KKB Papua

"Saya mau sampaikan secara umum kami mendapatkan briefing data dari Kapolda Papua sampai dengan hari ini Papua masih dalam keadaan aman dan kondusif, beberapa wilayah yang jadi atensi kita," kata Kabaintelkam Polri, Komjen Pol Paulus Waterpauw di Jakarta, Kamis (27/5).

Beberapa waktu lalu, serangan KKB di keempat kabupaten Papua tersebut menyebabkan korban di pihak aparat.

Menurut Paulus, hal inilah yang menjadi atensi Polri dan TNI khususnya dalam menangani aksi kekerasan yang dilakukan KKB.

Satgas Operasi Nemangkawi menangkap Litiron Weya (LW), seorang anggota Terinus Enumbi di Kabupaten Puncak Jaya, Papua, Minggu (23/5).

Litiron Weya, salah satu anggota KKB anak buah Terinus Enumbi, Minggu (23/5/2021), ditangkap di Mulia, Kabupaten Puncak Jaya, Papua. (ANTARA/HO/Satgas Nemangkawi)

LW ditangkap karena sebelumnya telah masuk Dalam Pencarian Orang (DPO) Kepolisian.

LW merupakan salah satu penyuplai senjata kelompok Terinus Enumbi, pelaku penembakan Letda Blegur pada Agustus 2018 lalu.

Di samping itu, dia juga pelaku perampasan senjata api milik seorang prajurit TNI yang kala itu sedang membawa sembako, pada Februari 2020 lalu. (Knu)

Baca Juga

Satgas Nemangkawi Tangkap Anggota KKB Litiron Weya

#Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) #Mabes Polri
Bagikan
Bagikan