Polri Fokus Awasi dan Jaga Penghitungan Suara dari Ancaman Kecurangan Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) mengenakan pakaian adat tradisional di Tempat Pemilihan Suara (TPS) 025 di perumahan Cornelia Residence, Serpong Utara, Tangerang Selatan, Banten

Merahputih.com - Proses pemungutan suara Pemilu 2019 sudah usai dilakukan pada Rabu (17/4). Kini masyarakat masih menunggu hasil dari penghitungan resmi surat suara dari Komisi Pemilihan Umum.

Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Mochammad Iqbal mengatakan, hingga Rabu (17/4) malam situasi nasional masih berjalan damai dan aman.

"Alhamdulillah sampai pada pagi ini, tahapan pemilu berjalan dengan baik. Kita semua berdoa agar pemilu berjalan damai, aman, menggembirakan," kata Iqbal kepada wartawan di Jakarta, Kamis (18/4).

Iqbal meminta kepada seluruh masyarakat yang merasa dihalang-halangi sehingga kehilangan hak suaranya atau mendapatkan intimidasi dari orang lain untuk segera melaporkan ke polisi.

"Masyarakat yang menemukan penyelenggara yang melakukan hal seperti itu atau menemukan indikasi kecurangan dari penyelenggara sepeti di atas, laporkan segera ke personel kami," jelas dia.

Ilustrasi pencoblosan (MP/Rizki Fitrianto)

Sementara, Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan, setelah seluruh surat suara dihitung baik Pilpres maupun Pileg 2019, Polri masih punya tugas lain.

Yaitu mengawal seluruh surat suara dari TPS ke PPK dan PPK ke tingkat Kabupaten, selanjutnya dikirim ke tingkat Provinsi.

"35 hari setelah tanggal 17 ini , kita masih ada agenda juga mengamankan perhitungan secara nasional di KPU. Demikian Polri masih fokus mengamankan kegiatan masyarakat lainnya," tegas dia. (Knu)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama