Polri Diminta Jaga Kepercayaan dan Kehormatan, Jokowi: Ini Adalah Wajah Indonesia

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Jumat, 03 Desember 2021
Polri Diminta Jaga Kepercayaan dan Kehormatan, Jokowi: Ini Adalah Wajah Indonesia
Presiden Jokowi memberikan pengarahan kepada Kepala Kesatuan Wilayah (Kasatwil) Tahun 2021 di Kabupaten Badung, Provinsi Bali, pada Jumat (3/12). (ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden/Laily Rachev

MerahPutih.com - Jajaran Polri diminta untuk menjaga kepercayaan dan kehormatan yang diberikan negara-negara anggota G20 ke Indonesia untuk menjadi Presidensi G20 pada 2022.

Hal itu disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kabupaten Badung, Bali, dalam pengarahannya kepada kepala kesatuan wilayah (Kasatwil), Jumat (3/12).

Baca Juga:

Guru Besar UI Tegaskan PCR Masih Berfungsi Deteksi COVID-19 Omicron

Dalam kesempata itu, Jokowi juga mengingatkan agar jangan sampai ada letupan sekecil apapun yang berkaitan dengan keketuaan atau presidensi Indonesia di G20 pada 1 Desember 2021 hingga 30 November 2022.

“Ini adalah wajah Indonesia, dan kita adalah negara berkembang pertama yang menjadi Ketua G20,” kata Presiden Jokowi.

G20 merupakan forum global yang terdiri dari 19 negara dan satu Uni Eropa (UE) yang mencakup 60 persen populasi dunia, dan menyumbang 80 persen Produk Domestik Bruto (PDB) dunia, serta 75 persen ekspor dunia.

Baca Juga:

Waspada Omicron, Ini Saran Jubir Satgas COVID-19 UNS Solo kepada Pemerintah

Para pimpinan negara G20 yang akan terlibat pada KTT G20 di Indonesia pada 2022 adalah Indonesia, Australia, Argentina, Brasil, Kanada, Tiongkok, Uni Eropa, Jerman, Prancis. India. Kemudian, Italia, Jepang, Meksiko, Arab Saudi, Rusia, Afrika Selatan, Republik Korea, Turki, Inggris, dan Amerika Serikat.

“Kita sudah berada di dalamnya sehingga harus menjaga betul-betul kehormatan dan kepercayaan yang diberikan kepada negara kita Indonesia. Sehingga sekali lagi, harus kita jaga betul-betul,” ujar Presiden.

Sebagai pemegang Presidensi G20 pada 2022, Indonesia akan fokus pada tiga isu strategis yakni penanganan kesehatan yang inklusif, transformasi ekonomi berbasis digital, dan transisi menuju energi berkelanjutan.

Baca Juga:

Jokowi Kunjungi Bali Pantau Infrastruktur Sambut KTT G20

Terdapat sekitar 150 pertemuan dan forum yang akan digelar selama Indonesia menjabat sebagai Presidensi G20.

Turut hadir dalam Pengarahan Presiden kepada kepala satuan wilayah tahun 2021 adalah Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono dan jajaran pejabat Polri lainnya. (Knu)

#Presiden Jokowi #G20 #KTT G20
Bagikan
Bagikan