Polri dan Komnas HAM Teken MoU Bahas Penggunaan Labfor dan Inafis

Andika PratamaAndika Pratama - Selasa, 20 April 2021
Polri dan Komnas HAM Teken MoU Bahas Penggunaan Labfor dan Inafis
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo bertugas MoU dengan Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Selasa (20/4). Foto: MP/Divisi Humas Polri

MerahPutih.com - Polri dan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) tentang penegakan HAM di Indonesia.

Nota kesepahaman itu juga menjadi wadah pertukaran data dan informasi, penggunaan Labfor dan Inafis.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan, dengan semangat menjunjung tinggi HAM di Indonesia, maka seluruh personel Polri mulai dari prajurit hingga level pimpinan bakal diberikan pemahaman soal menjaga hak asasi manusia.

Menurut Sigit, dengan ditanamkannya pemahaman soal menjunjung tinggi HAM maka ke depannya tidak adalagi celah-celah terjadinya pelanggaran terkait dengan hal tersebut.

“Pemahaman HAM akan diberikan kepada personel Polri mulai dari pelaksana sampai pimpinan. Sehingga dilapangan potensi pelanggaran HAM bisa dihilangkan,” kata Sigit dalam acara MoU dengan Komnas HAM di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (20/4).

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Ketua Komnas HAM, Ahmad Taufan Damanik. Foto: Humas Polri

Eks Kabareskrim Polri itu menekankan, saat ini Korps Bhayangkara bakal berpegang teguh untuk menjaga HAM dalam menjalankan tugasnya dalam menciptakan Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas).

"Kerjasama yang ada bisa dimanfaatkan dan diperlukan untuk proses penyelidikan Komnas seperti Inafis, Labfor dan lainnya,” ujar mantan Kapolda Banten tersebut.

Kesempatan yang sama, Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik mengapresiasi Polri atas penandatanganan nota kesepahaman. Hal ini wujud nyata dari transparansi Polri.

Taufan mengakui, di era kepemimpinan Kapolri Sigit, Korps Bhayangkara saat ini semakin transparan dan lebih kooperatif dengan sesama lembaga maupun pihak eksternal.

“Kami merasakan ada komunikasi dan koordinasi yang baik maka kami sangat terbantu karena diberikan akses dan ruang yang cukup serta keterbukaan Polri,” kata Taufan.

Selain itu, kata Taufan, komunikasi di daerah sangat bagus. Dengan tantangan media dan keterbukaan maka kepolisia berani mendisiplinkan aparat yang salah merupakan suatu kemajuan.

“Dan adanya rekomendasi yang baik direspon dengan baik. Upaya yang dilakukan perkembangan kemajuan dalam bertugas sangat baik,” tutup Taufan. (Knu)

#Kapolri #Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo #Kapolri Listyo #Komnas HAM
Bagikan
Bagikan