Polri: Benny Wenda Desain Kerusuhan Demo Wamena

Wisnu CiptoWisnu Cipto - Selasa, 24 September 2019
Polri: Benny Wenda Desain Kerusuhan Demo Wamena
Benny Wenda. Foto: Facebook/Benny Wenda

MerahPutih.com - Mabes Polri menyatakan tokoh separatis Benny Wenda berperan dalam kericuhan yang terjadi saat aksi unjuk rasa oleh mahasiswa yang baru kembali di Wamena Jayapura Papua yang berujung kerusuhan kemarin.

Kepolisian menengarai demonstrasi berawal dari desain penyebaran berita bohong alias hoaks isu rasial untuk memancing aksi solidaritas sehingga membuat situasi panas dan terjadi kericuhan.

Baca Juga

Manuver Benny Wenda, Ironi Aktivis Papua Merdeka yang Lahir Pas HUT RI

"Desain ini tidak luput dari peran Benny Wenda. Tokoh Komite Nasional Papua Barat (KNPB)," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo, di Gedung Mabes Polri, Jakarta, semalam

Menurut Dedi, kepolisian akan melakukan penegakan hukum dan penyidikan terhadap anggota-anggota KNPB terkait penggunaan mahasiswa untuk memprovokasi masyarakat.

Brigjen Dedi Mabes Polri
Karopenmas Div Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo (tengah) memberikan keterangan kepada awak media di Jakarta (MP/Kanu)

Baca Juga

Polisi Tangkap Provokator Kerusuhan Papua

Juru Bicara Polri itu menambahkan sebanyak 318 mahasiwa pendemo diduga melakukan tindakan anarkis telah diamankan di Mako Brimob Polda Papua pascaaksi demo berakhir kericuhan di kawasan Waena, Jayapura.

"Masih dipilah siapa yang melakukan penganiayaan, kemudian siapa yang memprovokasi dan siapa yang ikut-ikutan sekarang dimintai keterangan," tutup jenderal bintang satu itu, dikutip Antara

Peran KNPB sebelumnya pun disebut Ketua Tim Asistensi Kapolri Irjen Pol Paulus Waterpauw di balik pemulangan ribuan mahasiswa asal Papua dari berbagai daerah.

Setelah peristiwa di Malang dan Surabaya yang kemudian menyulut kemarahan warga di daerah Papua dan Papua Barat, Paulus menyebut anggota KNPB yang juga merupakan mahasiswa senior melakukan intimidasi sehingga ribuan mahasiswa kembali ke Tanah Papua. (*)

Baca Juga:

Rusuh Demo Wamena Papua, Kantor Bupati Dibakar dan Bandara Ditutup

#Papua #Mabes Polri
Bagikan
Ditulis Oleh

Wisnu Cipto

Bagikan