Polresta Surakarta Galang Dana untuk Korban Rohingya Anggota Kepolisian memasukkan uang donasi pada kegiatan sosial penggalangan dana peduli Rohingya di Polresta, Solo, Jawa Tengah, Kamis (7/9). (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

MerahPutih.com - Dalam menyikapi kasus kekerasan dan pembantaian yang terjadi di Rakhine, Myanmar, Polresta Surakarta menggalang dana untuk membantu para korban Rohingya.

Ratusan anggota Polresta Surakarta secara spontanitas mengumpulkan dana untuk kemanusiaan di Rohingya usai kegiatan apel yang dilaksanakan di halaman Mapolresta Surakarta, Solo, Kamis (7/9).

Menurut Kapolresta Surakarta AKBP Ribut Hari Wibowo, kegiatan penggalangan dana tersebut dilakukan oleh anggotanya secara spontan dan tidak ada paksaan sebagai salah satu bentuk solidaritas dan rasa simpati terhadap krisis kemanusian yang terjadi di Myanmar.

"Kegiatan ini, menumbuhkan kepedulian kepada sesama dan memberikan contoh kegiatan positif untuk membantu siapa saja, dan di mana saja yang baru terkena musibah serta salah satunya memberikan kontrobusi yang positif ," kata Ribut.

Menurut dia, kegiatan tersebut semoga dapat meringankan beban para korban kemanusiaan di Rohingya. Cara penggalangan dana dengan empat kardus di tempatkan di tengah lapangan dan satu per satu anggota menyumbang secara sukarela.

Kapolres berharap, dengan kegiatan sosial tersebut dapat menjadi contoh aksi solidaritas, salah satunya dengan penggalangan dana tanpa menganggu ketertiban umum.

Kepala Bagian Sumda Polresta Surakarta Kompol Sis Raniwati mengatakan, kegiatan spontan dengan menggalangan dana untuk warga di Rohingya dari keluarga besar Polresta Surakarta telah terkumpul sebesar Rp 5.230.000.

"Dana bantuan ini, akan dikumpulkan hasil di seluruh Kota Solo untuk dikirimkan ke Polda Jateng dan kemudian ke Mabes Polri untuk didistribusikan untuk masyarakat di Rohingya," kata Sis. (*)

Sumber: ANTARA



Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH