Polres Klaten Kirim Bantuan Air Bersih untuk Warga di Lereng Merapi

Andika PratamaAndika Pratama - Rabu, 15 Desember 2021
Polres Klaten Kirim Bantuan Air Bersih untuk Warga di Lereng Merapi
Polres Klaten, Jawa Tengah memberikan bantuan air bersih pada warga Desa Panggang, Kecamatan Kemalang Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Rabu (15/12). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Krisis air bersih yang melanda di Desa Panggang, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, belum teratasi.

Polres Klaten pun berinisiatif memberikan bantuan air bersih pada warga lereng Gunung Merapi yang terjadi selama dua pekan ini.

Baca Juga

Aktivitas Gunung Merapi Tak Berkaitan dengan Erupsi Semeru

Kapolres Klaten, AKBP Eko Prasetyo mengatakan, pihaknya mendapatkan laporan dari warga Lereng Merapi mengalami krisis air akibat pipa air milik warga yang dipasang di sungai rusak. Kerusakan terjadi akibat lahar dingin Gunung Merapi.

"Kami memberikan bantuan berupa air bersih yang kita kirim di Desa Panggang. Total ada 700 jiwa yang memang saat ini membutuhkan air bersih," kata Eko, Rabu (15/12).

Eko mengatakan Desa Panggang mengalami krisis air bersih yang disebabkan oleh putusnya pipa sumber air bersih setelah diterjang banjir lahar dingin Merapi, Rabu (1/12).

Tidak hanya desa Panggang, putusnya pipa induk air bersih yang menghubungkan sumber air Bebeng menuju bak penampungan Klangon ini juga terkena dampak.

"Ada dua desa lain yang juga mengalami krisis air bersih. Kedua desa itu adalah Desa Sidorejo dan Desa Balerante," kata dia.

Baca Juga

Pemkab Sleman Buat Tanggul di Lereng Merapi Antisipasi Kesulitan Air Bersih

Pemberian air bersih, kata dia, akan terus berlanjut beberapa hari kedepan. Direncanakan setiap hari akan ada pengiriman air bersih guna membantu masyarakat di wilayah Kecamatan Kemalang.

"Setiap hari kita kirim air ke warga Lereng Gunung Merapi guna membantu kecukupan air bersih. Kita sudah siapkan 15 tangki air bersih, perhari 3 tangki akan kita kirim ke warga," ucap dia.

Kepala Desa Panggang Kris Dwiyanto mengaku sangat terbantu atas bantuan yang diberikan Polres Klaten. Warg sudah 2 minggu ini mengalami kesulitan mendapatkan air bersih untuk keperluan rumah tangga.

"Warganya harus membeli air bersih seharga 150.00 per tangkinya untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari. Ini bantuan sangat dibutuhkan warga," tandasnya. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga

Masih Level III, Kubah Lava Barat Daya Gunung Merapi Turun 2 Meter

#Gunung Merapi
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan