Politisi PAN Desak Anies Pasang Internet Gratis di Pemukiman Kumuh DKI Ilustrasi. Foto: MP/Andika Eldon

MerahPutih.com - Imbas wabah corona, kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah ditiadakan dan siswa terpaksa belajar online dari rumah.

Belajar dari rumah bukan tanpa masalah. Tak semua orang tua mampu menyediakan paket internet untuk anaknya belajar. Sebagian bahkan tak memiliki perangkat belajar seperti komputer atau handphone.

Baca Juga:

PKS Minta Perusahaan Telekomunikasi Beri Keringanan Internet Siswa

Melihat kondisi itu, anggota DPRD DKI Fraksi PAN Lukmanul Hakim pun meminta Gubernur Anies Baswedan menyediakan layanan internet gratis, khususnya bagi masyarakat yang tinggal di permukiman kumuh padat penduduk.

"Ini menjadi persoalan baru karena sekarang masyarakat itu susah ekonominya. Tetapi, ada tuntutan daring sekolah anaknya dan harus beli paket setiap hari," kata Lukmanul Kamis (30/7).

Hari pertama masuk sekolah di SMA Muhammadiyah 11 Rawamangun, Jakarta Timur, Rabu (22/7/2020). (ANTARA/HO-Humas Pemprov DKI).
Hari pertama masuk sekolah di SMA Muhammadiyah 11 Rawamangun, Jakarta Timur, Rabu (22/7/2020). (ANTARA/HO-Humas Pemprov DKI)

Lukmanul berujar, kenyataan sangat miris lantaran masih banyak permukiman kumuh di ibu kota. Terlebih, warga yang tinggal di dalamnya kesulitan akses internet untuk anaknya sekolah di tengah COVID-19.

"Jadi, orang itu enggak mikir lagi sakitnya, tapi mikir bagaimama mendapatkan rezeki untuk kebutuhan sehari-hari yang menjadi problem," paparnya.

Baca Juga:

Demi Akses Internet Cepat, Siswa di Sidoarjo Belajar di Warkop

Di samping itu, anggota Komisi A ini juga mengusulkan Anies untuk menggandeng provider internet untuk menyediakan wifi gratis bagi mereka.
Wifi gratis itu nantinya bisa disediakan bagi warga di pos RW setempat atau pun di ruang publik terbuka ramah anak (RPTRA).

"Ini harus dipikirkan Pemprov DKI, wifi gratis untuk orang-orang miskin dan tidak mampu untuk anak mereka belajar," tutupnya. (Asp)

Baca Juga:

'Prime Time' Aktivitas Internet Masyarakat Indonesia Jam 8 Malam

Kredit : asropihs

Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH