Politisi Cantik PSI Ini Beberkan Dua Masalah Serius Bangsa Indonesia Politisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Tsamara Amany Alatas. (MP/ Ponco Sulaksono)

MerahPutih.com - Politisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Tsamara Amany Alatas menilai, sepanjang tahun ini, politik identitas dan korupsi menjadi permasalahan serius yang dihadapi bangsa ini. Menurut dia, dua masalah tersebut menjadi tantangan besar untuk diatasi pada 2018 mendatang.

Hal tersebut disampaikan Tsamara dalam sebuah diskusi bertajuk 'Catatan Politik Akhir Tahun 2017 dan Proyeksi Tahun Politik 2018' di kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan, Jumat (29/12).

Untuk itu, kata Tsamara, menguatnya politik identitas yang dimulai sejak Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta menjadi pelajaran berharga. Pasalnya, Pilkada DKI telah membuat polarisasi yang tajam di tengah masyarakat Jakarta.

"2017 tahun politik yang harusnya penuh kegembiraan dan kesenangan. Pilkada seharusnya orang berdebat program kerja, prestasi atau visi misi. Tidak mendebatkan hal yang tidak perlu misalnya konteks suku agama, dan ras. Pilkada membuat polarisasi yang cukup tajam. Kita ingin merajut toleransi. Kita tidak terus bertengkar walau luka," ujar Tsamara.

Selain itu, lanjut Tsamara, masalah korupsi juga menjadi persoalan serius yang dihadapi bangsa ini. Hal itu, merujuk pada pencapaian dalam hal Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebanyak 19 kali sepanjang 2017 ini.

"Kasus korupsi tahun 2017, KPK lakukan OTT 19 kali terbanyak sepanjang sejarah. Itu permasalahan yang belum selesai. Juga ada perdebatan terkait hak angket," tegas Tsamara.

Politisi muda ini juga menyoroti peran media sosial di era globalisasi saat ini. Menurut Tsamara, media sosial menjadi faktor penting dalam pesta demokrasi lima tahunan. Karena itu, dia meminta masyarakat bijak dalam menggunakan media sosial.

"Media sosial. Kasus persekusi itu dimulai dari media sosial. Juga ada sindikat Saracen," pungkas Tsamara. (Pon)

Kredit : ponco


Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH